Ridwan Kamil Ingin Sulap Pantai Pangandaran Seperti Hawaii

Selasa, 31 Desember 2019 21:02 Reporter : Mochammad Iqbal
Ridwan Kamil Ingin Sulap Pantai Pangandaran Seperti Hawaii air mancur di pantai pangandaran. ©2019 Merdeka.com/iqbal gojali

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau biasa disapa Emil menyebut bahwa pantai Pangandaran istimewa. Karena keistimewaannya itu, Pangandaran menjadi etalase wisata pantai wisata Jawa Barat. Dia ingin pantai Pangandaran menjadi sekelas Hawaii, Amerika Serikat.

Emil menyebut bahwa di tahun 2019 Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengalokasikan anggaran hingga Rp 100 miliar untuk perbaikan Pantai Barat dan Timur Pangandaran. Hal tersebut pun menurutnya, disambut antusias warga, sehingga terjadi peningkatan ekonomi.

"Toko-toko sepanjang jalan (pendapatannya) meningkat hampir tiga kali lipat. Dengan revitalisasi ini kami berharap kawasan destinasi wisata Pangandaran dapat naik kelas dan jumlah kunjungan wisatawan ikut meningkat. Pangandaran harus menjadi kelas yang level Indonesia karena tugas kita dengan kekompakan provinsi dan daerah akan membuat Pangandaran ini menjadi 'Hawaii-nya Jabar'," ujar Emil di Pangandaran, Selasa (31/12).

Dia berharap, pasca revitalisasi warga dan wisatawan senantiasa menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu juga menurutnya ketertiban juga harus dijaga, seperti dengan tidak menaikan motor ke trotoar karena akan merusak area pedestrian yang sudah diperbaiki.

1 dari 1 halaman

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengaku sangat mengapresiasi komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam memperbaiki destinasi wisata di Pangandaran. "Kami sudah melakukan survei. Pedagang asongan yang biasa jualan sekali pada akhir pekan menjadi tiga kali. Karena kunjungan wisatawan meningkat dan pembeli banyak. Jam 7 sampai 8 pagi dagangan sudah habis," ungkapnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik menyebut bahwa dampak positif dari revitalisasi sudah dirasakan. Dampak tersebut mulai dari kenaikan jumlah wisatawan dan pendapatan pedagang serta tingkat hunian.

Sejak tanggal 24 Desember hingga hari ini, disebutnya tingkat hunian meningkat sampai 90 persen. "Kuliner sama hampir naik 90 persen, apalagi sekarang diresmikannya wajah baru Pangandaran, Pantai Barat dan Timur," sebutnya. [rnd]

Baca juga:
Revitalisasi Selesai, Taman Gedung Sate Rp14 Miliar Dibuka untuk Umum
Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pantau Perayaan Tahun Baru di Pantai Pangandaran
Ridwan Kamil Sebut Bulog Akan Keluarkan Beras Khusus Ibu Hamil untuk Cegah Stunting
Jauh dari Kesan Mewah, Ini 8 Potret Rumah Masa Lalu Publik Figur Indonesia
Kunjungi Sejumlah Gereja, Ridwan Kamil Pastikan Natal Berjalan Aman dan Kondusif

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini