Revitalisasi Pasar Jebres, Pemkot Solo siapkan Rp 18,5 miliar

Sabtu, 7 April 2018 02:36 Reporter : Arie Sunaryo
Revitalisasi Pasar Jebres, Pemkot Solo siapkan Rp 18,5 miliar Waljinah dan Wali Kota FX Hadi Rudyatmo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berkomitmen untuk terus merevitalisasi pasar tradisional agar mampu bersaing dengan pasar modern. Kali ini giliran Pasar Jebres yang ada di depan Stasiun Jebres yang akan dirobohkan.

Untuk merealisasikan revitalisasi tersebut Pemkot Solo menyiapkan dana sebesar Rp 18,5 miliar. Dana tersebut berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah dan APBD Kota Solo. Revitalisasi Pasar Jebres akan dimulai awal Juni dan dilanjutkan pembangunan fisik hingga akhir 2018.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, revitalisasi Pasar Jebres mendesak dilakukan. Apalagi bangunan pasar tersebut belum pernah diperbaiki secara menyeluruh.

"Pasar Jebres ini memang belum pernah diperbaiki, selama ini hanya tambal sulam, seperti perbaikan atap atau jaringan listrik. Sudah saatnya direnovasi secara total," ujar Rudyatmo, Jumat (6/4).

Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo mengemukakan, pada tahap awal akan dibangun kios darurat dan pemindahan pedagang. Kemudian melelang konsultan pengawas, menyiapkan revisi detail engineering design (DED), pembongkaran bangunan pasar lama atau penghapusan aset, serta melelang dan merevitalisasi bangunan pasar permanen.

"Bulan depan awal Mei pedagang akan dipindah ke pasar darurat. Setelah itu bangunan pasar dibongkar, kemudian pekerjaan pembangunan pasar akan kami lelang," jelasnya.

Subagiyo menerangkan, saat ini lelang pembangunan pasar darurat sudah selesai di lakukan. Menurutnya, pasar darurat akan didirikan di lahan bekas pasar darurat pedagang Pasar Rejosari yang ada di sisi selatan Pasar Jebres. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini