Rasulullah: Puasa dan Alquran akan memberi syafaat di hari kiamat

Rabu, 31 Mei 2017 18:03 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Rasulullah: Puasa dan Alquran akan memberi syafaat di hari kiamat tadarus alquran. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Allah SWT menurunkan Alquran pada bulan Ramadan. Ini merupakan kenikmatan besar dari Allah SWT yang diperlihatkan bagi hambanya. Oleh karena itu, Allah SWT sangat menyukai bila umat muslim membaca Alquran di bulan Ramadan.

Orang yang membaca Alquran itu seakan-akan berdoa memohon kebaikan, memohon rahmat dan ampunan kepada Allah.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa disibukkan oleh Alquran hingga dia lupa membaca dzikir yang lain dan dia lupa memohon sesuatu kepadaNya, niscaya Aku berikan kepadanya sesuatu lebih baik dari pada yang Aku berikan kepada orang lain. Keutamaan kalam Allah atas segala kalam yang lain adalah seperti keutamaan Allah atas makhlukNya." (HR Turmudzi, dihasankan oleh Abu Sa'id).

Dikutip dari buku Kesempurnaan Ibadah Ramadan karangan Abdul Manan bin Haji Muhammad Sobari, bagi orang yang berkumpul untuk melakukan tadarus di masjid maka Allah menurunkan ketenangan dan rahmat kepada mereka oleh malaikat. Para malaikat mengelilingi setiap orang yang tadarus dan Allah SWT menyebut mereka sama dengan orang-orang yang berada di sisi-Nya.

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak berkumpul segolongan orang pada suatu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk membaca kitab Allah dan mentadaruskannya di antara mereka melainkan turunlah ketenangan kepada mereka dan ditutuplah mereka oleh rahmat dan dikelilingilah mereka oleh para malaikat dan Allah menyebut mereka bersama dengan orang-orang yang berada di sisi-Nya."

Puasa dan Alquran memberi pertolongan pada hari kiamat. Nabi Muhammad SAW bersabda, "Puasa dan Alquran keduanya memberi syafaat kepada para hamba pada hari kiamat." [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Lentera Ramadan
  2. Jakarta
  3. Ramadan 2017
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini