Proyek Tol Cikampek Dihentikan Sementara H-10 Jelang Lebaran

Rabu, 8 Mei 2019 00:40 Reporter : Merdeka
Proyek Tol Cikampek Dihentikan Sementara H-10 Jelang Lebaran Proyek di Tol Cikampek. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menyampaikan, pihaknya berupaya mengantisipasi tingginya volume kendaraan saat arus mudik dan arus balik Lebaran. Untuk itu, sejumlah pengerjaan proyek di Tol Cikampek akan dihentikan sementara mulai H-10 Hari Raya Idul Fitri.

"Kita sudah sepakat untuk pelaku-pelaku atau pekerja atau yang mengerjakan pada empat item penting itu, yang pertama toll elevated, kemudian kereta api cepat Jakarta-Bandung, LRT, Tol Cibitung-Cilincing, pekerjaan itu akan dihentikan 10 hari sebelum hari raya," tutur Refdi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/5).

Sementara proyek di Tol Cikampek baru akan kembali dibuka pengerjaannya H+10 usai Lebaran. Hal itu agar para pekerja dapat fokus tanpa gangguan tingginya volume kendaraan sekaligus tidak menjadi penyebab kemacetan yang bisa berdampak parah.

"Tentunya dengan bersamaan pekerjaan-pekerjaan itu menjelang nanti Operasi Ketupat, kemudian nanti ada pembatasan kendaraan barang, ini menjadi penuh kalau kita lihat khususnya Tol Cikampek. Ada lagi perbaikan jalan, kemudian bagaimana pergerakan-pergerakan barang itu betul-betul dikejar oleh pelaku usaha sehingga pada saat penutupan atau pembatasan, pergerakan kendaraan barang tidak lagi menjadi kendala bagi mereka," jelas dia.

Refdi menyebut, untuk aturan tersebut telah dilakukan survei dan pertemuan bersama pihak terkait.

"Rapat-rapat dengan Kementerian Perhubungan, pengatur jalan tol, dengan Jasamarga, Binamarga, dengan pengelola transportasi Jabodetabek, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan kita tentukan bagaimana cara bertindak di lapangan yang paling tepat," pungkas Refdi.

Reporter: Nanda Perdana Putra

Sumber: Liputan6.com [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini