Protes sewa toko mahal, 3 pedagang di Tegal malah didenda Rp 155 juta

Selasa, 17 April 2018 00:10 Reporter : Abdul Aziz
Protes sewa toko mahal, 3 pedagang di Tegal malah didenda Rp 155 juta Demo pedagang pasar pagi Tegal di Pengadilan Negeri. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Puluhan pedagang Pasar Pagi Kota Tegal, Jawa Tengah, berdemo di Pengadilan Negeri (PN), Senin (16/4). Mereka mengeluh biaya sewa toko yang tidak wajar.

Berbagai spanduk direntangkan pendemo. Mereka menulis kata-kata seperti 'Kami Butuh Keadilan' dan 'Jangan Tipu Pedagang'.

Salah satu pedagang, Budi Suyanto mengungkapkan sejak 2014 pedagang dikenakan iuran sebesar Rp 2 juta per bulan. Padahal, iuran semestinya Rp 180 ribu saja. Besaran iuran itu dianggap tak adil, karena sebenarnya pasar milik pemerintah.

"Kenapa bisa semahal itu?" ujar Budi.

Menurutnya, iuran bisa diturunkan jika PN memutuskan aset toko dikembalikan ke Pemkot. Jumlah total toko ada 65. Dia menyatakan pedagang sudah berkali-kali memprotes, tetapi malah dijatuhi denda. Ada tiga pedagang, termasuk dirinya didenda Rp 155 juta.

"Investor kan sudah mendapatkan uang Rp 12,6 miliar. Kenapa masih menindas pedagang? jangan serakah lah!" seru pedagang Pasar Pagi Blok B 55 ini.

Ketika dikonfirmasi, Humas PN Kota Tegal, Fran Manurung mengatakan penyewaan aset sudah benar secara hukum. Pasalnya, Pemkot Tegal dinyatakan bersalah karena menyewakan secara sepihak.

"Putusan hukum sudah benar dengan Pemkot dikenakan denda Rp 5 miliar ditambah bunga 6 persen dibayar per bulan sejak 2009," jelasnya.

Pelanggaran sepihak itu karena Pemkot menyetujui penyewaan ke pihak investor dengan Hak Guna Bangunan (HGB).

"Kebetulan ketika itu saya sendiri menjadi hakim anggota dari total tiga orang hakim. Tapi tidak etis apabila saya mengomentari keputusan itu, karena terkesan tidak objektif," katanya.

Selain berunjuk rasa, para pendemo juga beraudiensi dengan Pjs Walikota Tegal, Akhmad Rofai. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Demo
  2. Tegal
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini