Polri serahkan penahanan Ahok ke jaksa

Kamis, 25 Mei 2017 01:16 Reporter : Juven Martua Sitompul
Polri serahkan penahanan Ahok ke jaksa Sidang vonis Ahok. ©Isra Triansyah/POOL/Sindonews.com

Merdeka.com - Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencabut upaya banding atas vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Banding itu dicabut lantaran Ahok sudah menerima seluruh keputusan Majelis Hakim.

Atas pencabutan itu, proses perlawanan hukum Ahok pun dinyatakan selesai. Dengan begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini akan menjalani sisa masa hukumannya di bui.

Namun, belum jelas penahanan Ahok bakal ditangguhkan apa tidak. Mengingat, sejauh ini Ahok masih ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat (Jabar).

Menanggapi hal itu, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan jika pihak yang berwenang melakukan pemindahan adalah pihak eksekutor yakni jaksa.

"Eksekutor jaksa ya, kalau masalah penahanan di mana silakan tanya jaksa," kata Rikwanto di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Rabu (24/5).

Sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mencabut upaya banding vonis dua tahun penjara yang dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Banding dicabut dengan alasan Ahok sudah menerima sepenuhnya keputusan Majelis Hakim dan siap menjalankan hukumannya.

Kendati begitu, tim kuasa hukum Ahok masih terus mengupayakan penangguhan penahanan terhadap kliennya ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Menurut salah satu kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudiarta mengatakan penangguhan penahanan tetap berjalan karena perintah menahan kliennya tidak punya dasar kuat.

"Keadaan mana yang mengkhawatirkan? Kenapa dia dikhawatirkan melarikan diri atau menghilangkan barang bukti. Harus ada keadaan dulu. Baru ada dasar dulu. Ini baru keadaan itu tidak disebutkan sehingga tidak ada alasan. Karena itu alasan penahanan ini tidak kuat, sangat tidak kuat," kata Sudiarta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (23/5). [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini