Polri Belum Temukan Keterkaitan Pelaku Peledakan di Kartasura dengan Jaringan Teroris

Selasa, 4 Juni 2019 14:45 Reporter : Nur Habibie
Polri Belum Temukan Keterkaitan Pelaku Peledakan di Kartasura dengan Jaringan Teroris Brigjen Pol Dedi Prasetyo. ©2019 Merdeka.com/Hari Ariyanti

Merdeka.com - Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, pelaku peledakan Pos Polisi di Kartasura yakni RA, terpapar paham ISIS. Pelaku teror secara lone wolf ini dilakukan pada Senin (3/6) malam.

"Sementara dari hasil pemeriksaan pelaku, bahwa ini adalah suicide bomber, yang bersangkutan secara individu terpapar oleh paham ISIS," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/6).

Oleh karena itu, polisi masih mendalami kasus tersebut untuk mencari tahu dan memastikan, RA termasuk dalam kelompok jaringan teror mana.

"Ini masih didalami, belum ada indikasi keterkaitan menyangkut masalah yang bersangkutan ikut dalam suatu jaringan, baik JAD Jateng, yang telah diungkap beberapa minggu yang lalu, maupun dari kelompok yang lain," ujarnya.

Dalam menjalankan aksinya, RA menggunakan bom pinggang yang mempunyai daya ledak rendah. "Sementara yang bersangkutan menggunakan bomnya adalah bom pinggang. Sehingga ketika terjadi ledakan, yang melukai yang bersangkutan adalah sebagian perut maupun tangan sebelah kanan," jelasnya.

Selain itu, untuk kondisi kesehatan RA saat sudah mulai cukup membaik atau stabil serta bisa berkomunikasi. Meski begitu, RA masih mendapatkan perawatan medis.

"Ini dari hasil pemeriksaan dan perawatan tim dokter rumah sakit, yang bersangkutan kondisi kesehatannya cukup stabil dan bisa berkomunikasi. Ini masih dilakukan perawatan, semoga yang bersangkutan bisa segera sembuh, apabila nanti sudah betul-betul pulih kesehatannya akan didalami lagi tentang motif yang bersangkutan," ungkapnya.

"Yang bersangkutan dapat pemahaman pemaparan tentang ISIS dari mana, apakah dari medsos atau secara konvensional bersentuhan dengan beberapa orang," sambungnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini