Polisi Tunggu Hasil Lab Terkait Ikan Mati di Penangkaran Hiu Karimunjawa

Kamis, 21 Maret 2019 21:11 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Polisi Tunggu Hasil Lab Terkait Ikan Mati di Penangkaran Hiu Karimunjawa Karimunjawa. © Wallpapercave.com

Merdeka.com - Direktorat Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Jateng terus melakukan penyelidikan terhadap ikan hiu yang mendadak mati di penangkaran di Pulau Menjangan Besar Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

"Tim sudah diterjunkan menangani penyebab matinya penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan. Beberapa saksi sudah dilakukan pemeriksaan termasuk pemilik penangkaran Minarno alias Cun Ming," kata Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Agus Triadmaja saat dikonfirmasi merdeka.com, Kamis (21/3).

Dia menyebut bahwa penanganan kasus ini Polda Jateng berkoordinasi dengan Polres Jepara untuk menunggu hasil laboratorium penyebab kematian. "Kita tunggu hasil laboratorium Wates Yogjakarta, sampel daging hiu dan air kolam penangkaran sudah diserahkan," ujarnya.

Sementara Minarno alias Cun Ming mengaku sejumlah sampel sudah diserahkan ke Laboratorium Wates Yogyakarta, pada Senin (18/3) lalu. Sementara puluhan ikan hiu di kolam penangkaran diketahui mati mendadak pada Rabu (7/3).

"Kita tunggu hasilnya, diperkirakan sekitar 21 hari sudah bisa diketahui penyebabnya," kata Cun Ming.

Pria yang kerap disapa Cun Ming itu sudah lama menggeluti penangkaran ikan hiu di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa. Bahkan sejak kematian ikan hiu, Balai Taman Karimunjawa langsung menutup tempat wisata alam dikarenakan tidak mempunyai izin.

"Saya menyayangkan saja, dibilang tidak berijin. Padahal pernah mendapatkan izin dari Disporapar Jepara 2018 lalu, dan dari Balai Taman Nasional Karimunjawa. Justru sering kerjasama kalau ada tamu, urus izin juga sekarang dipersulit. Terakhir kemarin saya diperiksa penyidik Polda terkait kepemilikan hiu, apakah dijual, saya jawab tidak saya jual. Kalaupun dijual tidak laku," jelasnya. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini