Pimpinan DPD: Menyelesaikan Masalah Papua Tidak Cukup dengan Hukum dan Senjata

Selasa, 27 April 2021 23:51 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Pimpinan DPD: Menyelesaikan Masalah Papua Tidak Cukup dengan Hukum dan Senjata Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono menegaskan, menangani masalah Papua tidak cukup melalui pendekatan hukum dan senjata. Namun, harus juga melalui pendekatan kesejahteraan dan keadilan.

"Kesimpulan saya maaf, saya harus katakan, menyelesaikan masalah Papua tidak cukup dengan hukum dan senjata," kata Nono dalam diskusi 'Peran TNI Polri dalam Menumpas KKB Papua' di gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/4).

Menurut Nono, semua pihak harus jujur melihat persoalan Papua. Otonomi khusus yang telah diterapkan di Papua juga harus dievaluasi sebelum diperpanjang.

"Negara ini sudah memberikan otonomi khusus, di balik ini ada anggaran yang cukup besar dan sekarang walaupun ada polemik kita menghendaki akan ada lagi. Mari kita atur, jangan sampai ada lagi dikorbankan terutama rakyat," ucap mantan Komandan Korps Marinir TNI AL itu.

Lebih lanjut, Nono mendorong semua pihak untuk berperan dalam menyelesaikan masalah Papua. Dia tak ingin pemerintah saat ini mewarisi masalah Papua yang berlarut-larut kepada generasi mendatang.

"Jangan warisan yang masa lalu dan sekarang nanti kita limpahkan lagi buat generasi berikutnya. Apalagi dalam keadaan lebih parah, kan itu masalahnya," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini