PGRI akan Galang Dana Bantu Pembina Pramuka SMP 1 Turi yang Jadi Tersangka

Kamis, 27 Februari 2020 20:42 Reporter : Purnomo Edi
PGRI akan Galang Dana Bantu Pembina Pramuka SMP 1 Turi yang Jadi Tersangka Tiga pembina Pramuka di SMP Negeri 1 Turi Ditetapkan Tersangka. ©2020 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi akan memerjuangkan karir guru pembina Pramuka di SMP Negeri 1 Turi yang saat ini ditetapkan sebagai tersangka, atas insiden tewasnya 10 siswi saat kegiatan susur Sungai Sempor.

Unifah menilai para pembina Pramuka di SMP 1 Turi tidak berniat melakukan kejahatan, dan tidak menyangka kegiatan susur Sungai Sempor akan berujung menjadi tragedi. Unifah menyebut yang dilakukan ketiga tersangka bukan sebuah kejahatan murni.

"Mereka sama sekali tidak pernah sedikitpun berniat untuk mencelakakan orang lain," ujar Unifah di Polres Sleman, Kamis (27/2).

Unifah menerangkan ketiga tersangka adalah tulang punggung keluarga. PB PGRI nantinya akan berupaya melakukan aksi dalam bentuk pengumpulan dana solidaritas bagi ketiga pembina Pramuka di SMP Negeri 1 Turi ini.

"Kami ini organisasi. Kami bisa mengimbau orang-orang yang bisa membantu mereka. Kami ini organisasi yang segala sesuatunya soal dana solidaritas. Kalau kami membantu tidak menjadi suatu yang reguler, kami organisasi tapi kami juga mengundang orang-orang yang bisa melihat apakah mereka terpanggil hatinya," terang Unifah.

Unifah menjabarkan ketiga tersangka sudah siap dengan segala kemungkinan terburuk. Yaitu menjalani hukuman penjara dan diberhentikan dari PNS.

"Untuk kemungkinan terburuk, mereka siap. Mereka itu sudah menerima risiko. Apa pun yang penting dari keluarga korban bisa tenang, nyaman," ucap Unifah. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini