Perusak Sepeda Motor karena Menolak Ditilang Dilimpahkan ke Kejari Tangsel

Selasa, 9 April 2019 21:31 Reporter : Kirom
Perusak Sepeda Motor karena Menolak Ditilang Dilimpahkan ke Kejari Tangsel Adi Saputra. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan menerima penyerahan berkas dan terdakwa Adi Saputra (20) dalam kasus perkara perusakan sepeda motor lantaran tak terima ditilang polisi, selasa (9/4).

"Kami menerima pelimpahan berkas perkara dan terdakwa Adi Saputra atau masuk tahap 2, setelah dinyatakan berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21," kata Kasie Pidum Kejaksaan Negeri Tangsel Sobrani Binzar kepada wartawan, selasa (9/4).

Dengan begitu, sejak hari ini lanjut dia, Adi Saputra bin Jahri dalam waktu dekat akan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Tangerang.

"Terdakwa rencananya akan didakwa secara alternatif 480 KUHP atau 406 atau 216 ayat 1. Kita akan sangkakan terdakwa dengan sanksi yang paling berat dari tiga pasal yang disangkakan tersebut," lanjutnya.

Diungkapkan dia, untuk perkara tersebut, pelaku Adi Saputra didakwa 480 KUHP, karena sepeda motor yang dirusak terdakwa adalah milik orang lain.

"Jadi terdakwa merusak sepeda motor yang sebenarnya bukan milik pelaku. Atau terdakwa sebagai penadah dari kepemilikan sepeda motor itu," ucap dia.

Sementara untuk pasal 406 KUHP, terdakwa didakwakan pasal perusakan terhadap sepeda motor. "Karena itu bukan sepeda motor miliknya, sehingga pasal tersebut tepat untuk didakwakan terhadap terdakwa yang telah merusak sepeda motor orang lain," bebernya.

Sedangkan untuk pasal 216 KUHP, karena terdakwa melakukan perbuatan melawan petugas yang sedang melakukan tugasnya hingga melakukan perusakan.

Sebelumnya, aksi Adi Saputra viral, lantaran video perusakan sepeda motor yang dia tumpangi bersama kekasihnya dirusak lantaran menolak ditilang polisi, pada kamis (7/2).

Tak puas merusak sepeda motornya, dia kemudian membakar STNK sepeda motor yang dia rusak. Penjual Kopi di Pasar Modern BSD ini kemudian ditetapkan sebagai tersangka dengan sejumlah pasal berlapis, karena sepeda motor yang dia rusak bukan miliknya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini