KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Penyandang disabilitas di Semarang berharap shuttle bus yang ramah

Selasa, 21 Maret 2017 02:00 Reporter : Parwito
Wali Kota Semarang bertemu penyandang disabilitas. ©2017 merdeka.com/parwito

Merdeka.com - Sejumlah layanan umum di Kota Semarang hingga saat ini belum sepenuhnya ramah terhadap penyandang disabilitas. Yekti Asih Proborini dari Komunitas Sahabat Difabel mengusulkan adanya shuttle bus yang memadai dengan dilengkapi fasilitas, sarana dan prasarana untuk melayani para kaum disabilitas.

"Perhatian pemerintah di sini sangat penting sekali sehingga kami bisa mandiri. Harapannya ke depan fasilitas untuk penyandang disabilitas bisa dipenuhi sehingga kami tidak perlu bergantung kepada orang lain," kata Yekti.

Hal itu dia sampaikan saat diundang dalam Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kota Semarang (Musrenbang) untuk rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) tahun 2018, di ruang lokakrida lantai 8 Gedung Moch Ichsan, Balai Kota Semarang, Jalan Pemuda, Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (20/3).

Dalam rencana pembangunan yang dipaparkan Wali Kota Hendrar Prihadi (Hendi) tersebut selain berkonsentrasi mewujudkan kota ramah disabilitas, sejumlah infrastruktur besar juga direncanakan untuk dapat dibangun di Kota Semarang. Proyek infrastruktur tersebut di antaranya pembangunan LRT (light rail transit), pembangunan rumah sakit tipe D, pembangunan sport center multi event, dan pembangunan Semarang Outer Ring Road.

Lima proyek besar yang pada awal pelantikan dirinya di tahun 2016 kemarin sudah dalam proses pengerjaan, di antaranya underpass Jatingaleh yang telah mulai dikerjakan sejak dua tahun yang lalu dan ditargetkan selesai pada Oktober mendatang, kampung bahari yang telah dilakukan di Tambaklorok pada akhir 2017 ditargetkan selesai, tol Semarang-Pemalang yang harapannya tahun 2018 dapat dirasakan manfaatnya para pemudik.

Sedangkan untuk pembangunan Bandara Ahmad Yani, dari informasi yang disampaikan oleh PT Angkasa Pura saat ini pembangunan terminal parkir pesawat telah selesai. Sementara untuk pembangunan terminal penumpang saat ini sedang masuk tahap lelang. Proyek besar lainnya yaitu normalisasi kanal banjir timur akan mulai dilelangkan pada bulan Juli dan dikerjakan di bulan Agustus mendatang. [cob]

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.