Pengakuan Eks Panglima GAM Soal Lahan Prabowo: Sebagian Dikelola Masyarakat

Sabtu, 23 Februari 2019 15:32 Reporter : Yan Muhardiansyah
Pengakuan Eks Panglima GAM Soal Lahan Prabowo: Sebagian Dikelola Masyarakat Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf. ©2016 merdeka.com/afif

Merdeka.com - Mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sekaligus bekas Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf, berkomentar soal lahan 120.000 hektare milik Prabowo Subianto di Aceh Tengah. Dia menyatakan, sekitar 30 persen dari lahan itu kini dihuni masyarakat.

"Kita lihat sekitar 30 persen sudah dihuni masyarakat semua, karena dekat-dekat kampung semua," kata Muzakir di Medan, Jumat (22/2) malam.

Muzakir menjelaskan lahan itu awalnya memang hutan. Di bagian yang dekat dengan perkampungan sudah dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk bertanam kopi.

Saat ditanya apakah ada bekas kombatan GAM yang mengelola lahan itu, Muzakir tidak menutup kemungkinannya. "Kemungkinan besar ada juga (dikelola mantan kombatan GAM) sebagian kecil mungkin ya. Tapi kebanyakan masyarakat," paparnya.

Muzakir menyatakan tidak ada masalah Prabowo menguasai lahan itu. Penguasaannya sudah melewati prosedur hukum yang berlaku.

"Sah-sah saja, karena dia menurut hukum, karena HPH (hak pengusahaan hutan) sah. Dia bukan (baru) sekarang (menguasai lahan), tapi sudah beberapa puluh tahun lalu ya, saya rasa begitu," jelas Muzakir.

Bahkan, lanjut Muzakir, Dinas Kehutanan Aceh telah menganggap Prabowo Subianto sebagai pahlawan. “Dinas Kehutanan Aceh sudah menganggap dia pahlawan. Bukan haram dia, bukan penjarah hutan ilegal dia. Legal semua," papar Muzakir.

Muzakir juga menegaskan dukungannya kepada Prabowo karena capres nomor 02 itu memiliki komitmen. Dia yakin pasangan Prabowo Subiato-Sandiaga Salahuddin Uno akan meraih suara terbanyak di Aceh dan Sumut.

"Kita mendukung dia bukan baru sekarang, tapi dari dulu, karena komitmennya jelas. Dia punya komitmen pada orang-orang lain," tegas Muzakir.

Sebelumnya, dalam debat capres yang digelar Minggu (17/2) malam, capres nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi menyinggung Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto terkait kepemilikan lahan 330.000 hektare di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno menyebutkan, lahan milik Capres 02 Prabowo Subianto seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah, digunakan eks aktivis Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

"Lahan kepemilikan Prabowo di Aceh banyak digunakan eks aktivis GAM untuk meningkatkan perekonomian, " kata Sandiaga, saat acara dialog kewirausahaan OKE OCE di Karawang, Senin (18/2).

Menurut Sandiaga, wajar jika seorang warga negara menguasai konsesi lahan hutan milik negara. Apalagi tujuannya untuk kepentingan masyarakat sekitar. Seperti di Aceh yang digunakan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

"Saya menilai hal yang wajar, dengan kepemilikan lahan konsesi hutan untuk kepentingan kesejahteraan, dengan membuka lapangan kerja," jelasnya. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini