Pemerintah Siap Realisasi Rumah Siap Kerja Sandiaga

Senin, 13 Mei 2019 22:04 Reporter : Merdeka
Pemerintah Siap Realisasi Rumah Siap Kerja Sandiaga Sandiaga di Masjid Raya Baiturrahman Aceh. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bergerak cepat dalam akselerasi program pembangunan sumber daya manusia atau SDM agar terserap optimal di dunia kerja.

Termasuk menggandeng semua pihak yang memiliki visi misi senada, salah satunya Program Rumah Siap Kerja yang digadang Cawapres 02 Sandiaga Uno.

"Pemerintah welcome dengan inisiatif siapa pun untuk bergotongroyong mengatasi (problem) ketenagakerjaan ini," kata Deputi Bidang Kordinasi Pendidikan Agama Kemenko PMK, Agus Sartono, Senin (13/5).

Dia mengungkapkan, mereka yang berasal dari level sekolah menengah atas atau kelas kejuruan, belum tentu memiliki keterampilan mumpuni. Karenanya wadah seperti Rumah Siap Kerja yang diinisiasi Sandiaga, diharapkan bisa bersama bergotongroyong untuk memajukan anak bangsa, khususnya memberikan skill.

"Pemerintah sangat senang bila ada tokoh masyarakat bergotongroyong berikan kursus gitu ya, ini memungkinkan juga untuk anak didik kita menjadi entrepreneur," jelasnya.

Selain Rumah Siap Kerja, Agus menjelaskan, masyarakat juga akan mendapatkan kemudahan dengan program kartu pra kerja. Dimana program ini merupakan salah satu janji calon Presiden petahana Joko Widodo pada masa kampanye.

Sebagai informasi, Sandiaga Uno mengakselerasi salah satu gagasannya saat maju sebagai wakil presiden dengan Program Rumah Siap Kerja. Program ini telah berjalan, dan bertujuan memangkas angka pengangguran.

Konsep dari Rumah Siap Kerja sendiri adalah Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Para pencari kerja dikumpulkan dalam satu wadah bersama para pengusaha dan mendapatkan bimbingan, juga pelatihan.

Sandiaga optimis, dengan program ini dalam lima tahun ke depan, sejumlah dua juta wirausaha baru dapat dilahirkan dan memangkas angka pengangguran.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [fik]

Topik berita Terkait:
  1. Kemenko PMK
  2. Sandiaga Uno
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini