Pemerintah Beri Insentif dan Siapkan Armada untuk Nelayan di Natuna

Rabu, 8 Januari 2020 20:09 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Pemerintah Beri Insentif dan Siapkan Armada untuk Nelayan di Natuna Pesona dan Potensi Alam Natuna. ©2020 Dipar Kabupaten Natuna

Merdeka.com - Pemerintah sedang membahas terkait insentif dan jaminan akan diberikan kepada para nelayan yang mencari ikan di perairan Natuna. Wakil Presiden Ma'ruf Amin menjelaskan, salah satunya yang sedang dibahas yaitu menyiapkan armada besar untuk para nelayan mencari ikan.

"Kita siapkan armada ikan tangkap yang cukup mampu untuk mengarungi wilayah Natuna itu dan tentu juga dengan pengawalan-pengawalan," kata Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (8/1).

Dia mengatakan, saat ini pemerintah sudah melakukan pengawalan untuk para nelayan di laut maupun udara. Hal tersebut, kata Ma'ruf Amin, penting untuk keamanan para nelayan.

"Jadi satu yang sedang dipikirkan, sebenarnya sebelum ini juga sudah ada, itu istilahnya program penanganan ikan tangkap di daerah laut dalam dan laut jauh," ungkap Ma'ruf Amin.

1 dari 1 halaman

Jamin Keamanan Nelayan di Natuna

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan, pemerintah akan memberikan jaminan kepada para nelayan yang mencari ikan di perairan Natuna.

Seperti yang diketahui, laut Natuna sedang menjadi rebutan antara Indonesia dengan China. Kapal Coast Guard China memasuki ZEE Natuna tanpa izin.

Moeldoko juga setuju jika perairan Natuna dijaga dengan ketat agar tidak ada lagi yang berani memasuki perairan tersebut.

"Intinya mungkin, ya, wilayah itu memang perlu diisi, yang kedua juga sekaligus berikan jaminan. Pemerintah berikan jaminan kepada siapapun yang melakukan kegiatan mencari ikan di sana, itu harus kita amankan," ujarnya di Gedung Kemenko PMK, Senin (6/1). [rnd]

Baca juga:
Mahfud MD: Kunjungan Presiden Jokowi Menunjukkan Natuna Hak Milik Indonesia
Jokowi: Kapal Asing Boleh Lewat ZEE, Tapi Cuma RI yang Berhak Atas SDA-nya
Fadli Zon Harap Kunjungan Jokowi Bikin Kapal China Tak Lagi Masuk Natuna
Menlu Retno: Kedaulatan dan Teritori RI Tidak Dapat Ditawar Siapapun dan Kapanpun
Menko Luhut Beberkan Pentingnya Bangun SKPT di Natuna
Sengketa Natuna Tak Pengaruhi Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini