Mudik Lebaran, Polisi Waspadai Penumpukan Kendaraan di Prambanan

Senin, 27 Mei 2019 22:25 Reporter : Purnomo Edi
Mudik Lebaran, Polisi Waspadai Penumpukan Kendaraan di Prambanan Candi Prambanan. ©2012 Merdeka.com/tripwow.tripadvisor.com

Merdeka.com - Menyambut arus mudik Lebaran 2019, Polda DIY menyiapkan sejumlah langkah antisipasi kerawanan kemacetan. Salah satu yang menjadi perhatian dari Polda DIY adalah kawasan Prambanan.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan tersambungnya jalan tol Trans Jawa akan berdampak pada sejumlah tempat. Salah satunya adalah wilayah Yogyakarta. Dofiri memprediksi banyak pengguna tol yang akan keluar dari pintu tol di wilayah Solo.

"Yang jadi atensi dengan tersambungnya jalan tol, kemungkinan arus kendaraan banyak datang dari arah Solo masuk ke Yogya. Nanti pos Prambanan, perbatasan, kita perkuat. Termasuk persiapan rekayasa lalu lintas," ujar Dofiri di Mapolda DIY, Senin (27/5).

Dofiri mengungkapkan pihaknya akan menambah jumlah personel di Pos Pengamanan Prambanan. Adanya penambahan personel ini diharapkan bisa mengurai potensi kemacetan di wilayah Prambanan.

Dofiri menerangkan kondisi kemacetan di sekitaran Prambanan bisa berdampak pada sejumlah titik lain seperti jalan menuju ke Bandara Adisutjipto. Sejumlah langkah antisipasi pun akan dilakukan guna menguraikan kemacetan tersebut.

"Kami akan melakukan pengalihan dari jalur utama apabila ada kepadatan. Misalnya, apakah kepadatan jalur Prambanan kita arahkan jalur yang tembus di Tempel," ungkap Dofiri.

Opsi lainnya, lanjut Dofiri, adalah bekerjasama dengan otoritas Bandara Adisutjipto. Kerjasama ini diharapkan bisa mengurai kemacetan di pintu masuk dan keluar Bandara Adisutjipto.

"Jika terjadi kepadatan di traffick light supaya bisa dialihkan ke dalam (masuk ke jalur di area bandara)," papar Dofiri. [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini