Modus Tawuran, 6 ABG Ternyata Begal Pemotor

Rabu, 5 Februari 2020 00:28 Reporter : Irwanto
Modus Tawuran, 6 ABG Ternyata Begal Pemotor borgol. shutterstock

Merdeka.com - Bermodus tawuran, enam anak baru gede (ABG) melakukan aksi begal pengendara sepeda motor. Mereka pun ditangkap polisi setelah korban melapor.

Keenam pelaku adalah RM, AP, MF, KD, dan AS yang semuanya berusia 16 tahun rekannya Angga Saputra (19). Mereka ditangkap Tim Anti Bandit (Tekab) 134 Polrestabes Palembang di rumah masing-masing dalam beberapa hari terakhir.

Aksi begal itu dilakukan para tersangka ketika korban, TM (15) melintas di sekitar Pasar Cinde, Jalan Jenderal Sudirman, Palembang, Minggu (26/1) malam. Mereka berpura-pura tawuran yang membuat korban menghentikan laju motornya.

Ketika itulah, para pelaku mengadang korban dan langsung mengeroyoknya pakai tangan dan kayu. Korban terjatuh, sementara para tersangka membawa kabur sepeda motor korban jenis Honda Beat nomor Pol BG 3118 YAE.

Akibat kejadian itu, korban mengalami luka lebam di sekujur tubuhnya. Disampaikan keluarga, korban melapor ke polisi dan mengungkap ciri-ciri para tersangka sehingga dilakukan penangkapan.

Kanit Tekab Polrestabes Palembang Iptu Tohirin menyatakan, modus yang digunakan sudah sering terjadi di Indonesia hukumnya. Ironis, para pelaku mayoritas masih berstatus anak di bawah umur.

"Dari enam tersangka, hanya satu orang yang di atas batas usia anak. Mereka membegal dengan modus tawuran," ungkap Tohirin, Selasa (4/2).

Atas perbuatannya, para tersangka dikenakan Pasal 365 KUHP tentang curas dan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dengan ancaman penjara selama lima tahun. Pihaknya mengimbau warga tetap waspada jika bertemu dengan aksi tawuran dan segera melapor ke polisi agar cepat ditangani.

"Kami masih dalami pemeriksaan tersangka untuk mengetahui berapa kali mereka beraksi dan mengecek korban lainnya," kata dia. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Begal Motor
  3. Palembang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini