Mengenal Lebih Dekat Jenis Anjing Belgian Malinois Gigit ART Hingga Tewas

Jumat, 6 September 2019 17:03 Reporter : Nur Habibie
Mengenal Lebih Dekat Jenis Anjing Belgian Malinois Gigit ART Hingga Tewas Anjing Malinois Belgia. ©REUTERS/Mike Segar

Merdeka.com - Yayan, seorang Asisten Rumah Tangga (ART) berusia 35 tahun ini meregang nyawa usai digigit Sparta, anjing majikannya, Bima Aryo. Usut punya usut anjing galak itu berjenis Belgian Malinois.

Dikutip dari berbagai sumber, Malinois masuk ke dalam varietas anjing gembala Belgia. Anjing jenis ini biasa digunakan untuk mendeteksi bau seperti bahan peledak, pemicu api (untuk penyelidikan kebakaran) dan narkotika. Mereka juga biasa digunakan aparat melacak jejak pelaku kriminal.

Katim II Unit Satwa K-9 Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya Aiptu Anjar Setioso menjelaskan karakteristik anjing Belgian Malinois. Anjar mengatakan butuh waktu bagi orang biasa untuk bisa dekat dengan Sparta. Butuh kehati-hatian ekstra juga bagi si pemilik anjing. Karena anjing ini mempunyai sifat pencemburu.

"Ini juga ada rasa cemburu, misalnya saya pawangnya, saya megang anjing atau orang lain, dia akan cemburu. Kalau cemburu, mungkin akan menyerang lawan saya yang saya ajak ngobrol. Itu berlaku untuk jenis-jenis anjing kayak gini, terus anjing herder. Cuma kita sosialisasi ke masyarakat," jelas Anjar saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat (6/9).

Berikut wawancara merdeka.com dengan Unit Satwa K-9 Direktorat Sabhara Polda Metro Jaya:

Tanya: Gimana cara masyarakat bisa mendekatkan diri dengan anjing jenis Sparta?
Jawab: Harus diajak ngobrol, harus main, nanti biar dia tidak merasa terkurung. Jadi harus bersosialisasi dengan masyarakat, kita ajak, kita ngobrol-ngobrol. Sama orang baru kayak gini.

Tanya: Gigitannya memang kuat?
Jawab: Memang kuat, energi nya tinggi, kita tidak bisa melarang-larang dia. Kita harus jadi alpha dia, jangan sampai dia yang jadi alpha kita. Itulah melanois.

Tanya: Kalau di kepolisian sendiri, umurnya berapa buat mereka melacak-melacak?
Jawab: Untuk pelacakan dari umur setahun itu sudah siap, bahkan saat 5 bulan sudah melakukan pelatihan, 5 bulan sampai 7 bulan itu sudah siap, berarti sudah siap kerja.

Tanya: Asal anjingnya darimana?
Jawab: Nero ini asli impor, Belgian Melanois kan rasnya Belgia, jadi impor dari sana.

Tanya: Berarti tidak semua bisa pegang anjing ini ya?
Jawab: Tidak semua orang bisa pegang dan mampu, karena karakter fisiknya memang kuat, hiperaktif, anjing ini aktif.

Tanya: Kalau dalam sehari ini, dia dikeluarkan berapa kali?
Jawab: Dikeluarin pagi kayak gini, dikasih makan, kalau ada pawangnya ya dikeluarin. Paling ngiter di sini latihan, nguras energi dia, setelah selesai baru masuk. Sore juga begitu, kita bersihkan, perawatan segala macam, latihan sebentar lalu masuk lagi. Energi harus keluar.

Tanya: Kalau sudah kenal tapi tetap nyerang itu kenapa?
Jawab: Namanya sifat anjing dasarnya kan kayak gitu, sifat binatang pasti kayak gitu. Ingin menyerang, mempertahankan diri itu ada, apalagi kalau dia merasa terdesak. Mungkin dengan orang baru belum mengenali, jadi jangan coba-coba. Kita kenalan dulu sama pawangnya, baru kita dekatkan diri dengan anjingnya. Itupun butuh proses, jangan sembarangan. Kalau begitu ada polisi dengan anjing kita tahu-tahu mendekat atau nempel ke polisinya, bahaya.

Tanya: Berapa lama anjing ini bisa akrab dengan pawang?
Jawab: Butuh proses tidak sebentar, proses bisa sampai sebulan dua bulan, itupun kadang sifat dasarnya masih ada, karakter dasarnya yg nyerang itu masih ada. Tinggal tergantung individunya, kalau dia dekat dan banyak meluangkan waktu, anjing itu akan cepat dekat. Kalau jarang, ya mereka kayak say hello aja setiap ketemu. Kalau dekat, dia akan merasa punya tuan, dia akan ngerti, akan ada sifat timbal balik.

Tanya: Berapa minimal dan maksimal umur anjing bekerja di kepolisian?
Jawab: Selama anjing itu masih mampu. Mungkin umur 8 tahun. Anjing ada yang fisiknya kuat ada yang tidak, kalau kuat 8 tahun masih mampu, kalau enggak kuat mungkin 2 tahun sudah mati, enggak bisa ditebak.

Tanya: Kalau jenis anjing Belgian seperti gini biasanya gimana?
Jawab: 4 Tahun 5 tahun masih kuat. Ini sudah 3 tahun lebih, kondisinya masih kayak gini. Dan terutama perawatan ekstra, sama dengan manusia, kalau perawatan ekstra masih segar.

Tanya: Makanannya apa?
Jawab: Kita makanan pakai dogfood, yang kita pakai Royal Canin, yang sudah standar internasional sesuai petunjuk dokter segala macam.

Tanya: Cara mengetahui kesehatan anjing?
Jawab: Kalau penyakit fisik mudah. Misalnya pagi dia tidak mau makan, itu ada gejala sakit. Kalau pagi kita lihat hidung, kalau hidung basah berarti sehat, tapi kalau hidungnya kering, itu tanda tanya dan perlu diperiksakan

Tanya: Pernah enggak ada dokter yang diserang?
Jawab: Kalau di rumah sakit kan sebelum mereka diperiksa, biasa dikasih brongsong dulu mulutnya untuk penanganan, bagi dokter dan kru yang ada di situ.

Tanya: Kalau pawangnya berhalangan datang gimana?
Jawab: Ada pengganti yang sudah tahu. Karna satu tim itu ada pendamping masing-masing. Misalnya saya pegang Nero, nanti ada pendamping saya yang jadi pengganti seandainya saya tidak masuk. Jadi kalau ada permintaan pelacakan, itu ada yang menggantikan dan sudah tau karakter anjing ini.

Tanya: Berarti kalau anjing ini gak sembarang orang bisa megang ya?
Jawab: Betul. Bisa orang megang, tapi untuk cara bekerjanya ada yang enggak tahu juga kan. Pegang ya pegang saja, tapi untuk pengendalian kan dia belum tentu tahu.

Tanya: Gimana cara masyarakat biasa yang belum kenal bisa jadi dekat?
Jawab: Pengen dekat ya kalau bisa masyarakat itu sendiri mungkin kalau kita undang atau ada event, saling komunikasi aja. Person dulu, baru anjingnya mengenal. Gak bisa sekonyong-konyong langsung pegang. Lain halnya dengan golden, labrador, itu anjing familiar yang aman ditaruh di rumah. Kalau ini (belgian) jangan sembarangan, karena sudah ada yang terjadi kan.

Tanya: Sebenarnya layak enggak kalau anjing Belgian ini hanya untuk jaga rumah?
Jawab: Layak, dia sangat peka sekali terhadap orang asing yang mau masuk lingkup dia. Dia sangat peka terhadap lingkungannya, orang yang baru, orang yang mau berbuat apa-apa, dia peka. Jadi dia merasa kalau orang lain masuk tanpa pemilik, dia pasti nyerang, karena belum kenal. Makanya kalau ada tulisan awas anjing galak, kita harus hati-hati, meskipun anjing golden nih, jangan coba-coba kecuali tuannya sudah mempersilakan. Takutnya anjing curiga ketika mau kita pegang, dia bisa menghantam kita, karena dia curiga mau diapakan karena belum kenal.

Tanya: Anjing yang Bima Aryo itu kan udah gede, gimana menanganinya?
Jawab: Itu butuh adaptasi, kedua perkenalan lagi, karena orang baru kan anggepannya. Walaupun kita pawang, kita harus bisa menilai anjingnya dulu

Tanya: Benar enggak kita jangan tatap-tatapan dengan mereka?
Jawab: Benar juga. Kalau anjing itu ekornya sudah ke bawah, tidak ada gerakan, urungkan saja, itu tanda dia mulai tertekan. Enggak usah mendekat, mundur, jangan dipaksa mendekat karena dia sudah persiapan. Dia tertekan, untuk mempertahankan diri dia akan mengeluarkan segala usaha. Selain itu lihat dari muka, perangai. Kalau geram, kumisnya udah gerak-gerak, giginya meringis-meringis dan ekornya melipat ke bawah, jangan mendekat.

Reporter Magang: Ahdania Kirana [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini