Menengok Lebaran para Jawara di Tangerang Selatan

Minggu, 23 Juni 2019 21:00 Reporter : Kirom
Menengok Lebaran para Jawara di Tangerang Selatan Lebaran Jawara Tangsel. ©2019 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - 120 Kelompok perguruan silat budaya asal Kota Tangerang Selatan, menggelar silaturahmi bertajuk 'Lebaran Jawara Tangerang Selatan'. Lebaran yang digelar Forum silaturahmi Persatuan Silat dan Budaya Tradisional (Forsil Persibrata) ini ingin menyatukan seluruh pendekar di Tangsel.

"Lebaran jawara sekaligus pelantikan pengurus forsil Persibrata lima tahun ke depan ini juga bagian dari upaya kami melestarikan kebudayaan Betawi," kata Dewan Pembina Forsil Persibrata Tangsel, Dudung E. Diredja di Jaletreng River Park, BSD, Tangerang Selatan, Minggu (23/6).

Dudung menerangkan, saat ini terdata 120 perguruan pencak silat yang bersumber dari 9 jenis aliran seperti, Beksi, Cingkrik, Kotek, Jalan Enam, Cimande, Sikun, Seliwa, Troktok dan Gerak Rasa.

"Dengan Lebaran jawara ini, kami ingin mempersatukan semua perkumpulan silat budaya Betawi dari berbagai aliran, di berbagai wilayah di Tangsel. Bahkan tak hanya Tangsel, kami membuka juga untuk masyarakat Kota Depok, Bogor, dan Jakarta untuk bersama-sama membangun kebudayaan Betawi lewat seni beladiri, silat Budaya," kata Dudung.

Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan, forum silaturahmi para pendekar di Tangerang Selatan ini, bisa menjadi jembatan bagi generasi penerus untuk melestarikan budaya Betawi lewat kesenian dan kebudayaan.

"Kami ingin ada kolaborasi bersama Para Jawara dengan Dinas di Pemerintahan. Aspek kebudayaan dan pendidikan yang dikolaborasikan bisa memajukan Tangsel sebagai kota yang majemuk, berpotensi wisata melalui kesenian dan kebudayaan yang dihadirkan," ungkap dia. [did]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini