Mendes: Pembangunan 191 Ribu Km Jalan Desa Bukan Simsalabim

Kamis, 28 Februari 2019 04:03 Reporter : Irwanto
Mendes: Pembangunan 191 Ribu Km Jalan Desa Bukan Simsalabim Forum Nusantara bersama UN Women. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo menyebut, pemerintah sukses membangun 191 ribu kilometer jalan desa di seluruh wilayah Indonesia. Meski sulit dan bukan simsalabim, program itu terealisasi dengan baik selama empat tahun terakhir.

Hal itu diungkapkan Mendes saat berkunjung ke Palembang, Rabu (27/2). Menurut dia, masyarakat desa telah menikmati pembangunan itu yang digulirkan pemerintah Presiden Joko Widodo.

"Ini bukan simsalabim yang hanya sekejap langsung jadi. Tapi ini sebuah kenyataan, 191 ribu kilometer jalan desa sudah kita bangun," ungkap Mendes Eko.

Dikatakannya, total desa di Indonesia sebanyak 74.957 desa. Dari jalan yang dibangun tersebut persentasenya satu desa 2,5 km.

"Desa tertinggal tercatat ada lima ribu desa, sedangkan yang sudah diprogramkan ada 6.700 desa, artinya melebihi target," ujarnya.

Dikatakannya, jalan desa tersebut berdampak positif bagi perkembangan ekonomi masyarakat setempat. Mereka dengan mudah mengangkut hasil produksi dan pelajar leluasa berangkat ke sekolah.

"Indikator keberhasilan ini terlihat dari pendapatan masyarakat, sekolah, jalan, air bersih dan lain sebagainya," pungkasnya. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini