Membanggakan, inilah sederet penghargaan dunia untuk Sri Mulyani

Senin, 22 Oktober 2018 06:45 Reporter : Syifa Hanifah
Membanggakan, inilah sederet penghargaan dunia untuk Sri Mulyani Sri Mulyani raih penghargaan Menteri Keuangan Of The Years 2018. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani berhasil membuat bangga bangsa Indonesia dengan prestasi yang diakui dunia dalam bidang ekonomi, dengan mendapatkan berbagai penghargaan internasional.

Contohnya mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berhasil menjadi menteri terbaik dunia pada Februari lalu. Dan masih banyak lagi penghargaan yang berhasil diraih. Apa saja deretan penghargaan yang berhasil diraih Sri Mulyani? Berikut daftarnya:

1 dari 4 halaman

Tokoh berpengaruh di Asia

Sri Mulyani di IMF-World bank. ©2018 Merdeka.com

Globe Asia pada 2017 menempatkan Sri Mulyani sebagai salah satu tokoh asal Indonesia paling berpengaruh. Globe Asia mengapresiasi keberhasilan Sri Mulyani dalam menjalankan program tax amnesty yang sukses mengembalikan pajak yang seharusnya dibayarkan oleh beberapa orang Indonesia di luar negeri.

Dikutip dari globeasia.com, Sri Mulyani masuk dalam daftar ini bersama beberapa tokoh Indonesia lain seperti Darmin Nasution, Luhut Pandjaitan hingga Presiden Joko Widodo.

2 dari 4 halaman

Menkeu terbaik se dunia

Sri Mulyani mendapat penghagaan. ©2018 Merdeka.com

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan, Februari 2018 di Dubai, Uni Arab Emirates.

Penghargaan Menteri Terbaik ini merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016. Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young dan diselenggarakan oleh World Government Summit.

Tak lupa Sri Mulyani menyampaikan apresiasinya menjadi menteri pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

3 dari 4 halaman

Menkeu tebaik se Asia 2017 versi FinanceAsia

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. ©2018 Merdeka.com

Pada tahun 2017, Ani sapaan akrab Sri Mulyani juga berhasil menjadi Menteri Keuangan terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan FinanceAsia. Ani dinilai berhasil memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi global untuk mereformasi struktur keuangan pada 2017 sehingga dapat bertahan saat terjadi kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari financeasia.com, Sri Mulyani dinilai mampu memperbaiki kondisi keuangan Indonesia yang menurun pada enam bulan pertama 2016. Sejak kembali duduk di kabinet pemerintahan, ia mampu mengurangi target defisit fiskal yang tadinya dikhawatirkan menembus angka 3 persen.

4 dari 4 halaman

Menteri terbaik se Asia 2018 versi Global Markets

Sri Mulyani raih penghargaan Menteri Keuangan Of The Years 2018. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Terbaru Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Tahun 2018 versi majalah Global Markets. Anugerah 'Finance Minister of the Year, East Asia Pacific' ini diberikan atas kiprahnya mempertahankan reputasi keuangan Indonesia di tengah kondisi yang lebih menantang, saat kembali menjabat Menkeu kedua kalinya. Kebijakan Menkeu Sri Mulyani dianggap kredibel dan efektif.

Menurut Global Markets, Sri Mulyani telah mengatasi dua persoalan, yaitu pengumpulan pajak dan penyerapan anggaran pemerintah. Pengumpulan pajak tahun lalu (2017) mencapai 91 persen dari target, sebuah lompatan besar, dari pencapaian 83 persen pada dua tahun sebelumnya. [has]

Baca juga:
Bawaslu masih kaji dugaan pelanggaran pemilu oleh Luhut dan Sri Mulyani di acara IMF
Fadli Zon nilai wajar Luhut dan Sri Mulyani dilaporkan ke Bawaslu
Sri Mulyani beberkan awal mula rencana pencarian dana kelurahan
Nilai aset Indonesia capai Rp 5.728 triliun
Di hadapan murid SD, Sri Mulyani berikan pemahaman kondisi keuangan RI
Bawaslu tindak lanjuti dugaan kampanye Luhut & Sri Mulyani di pertemuan IMF

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini