Mahasiswa Bantah Aksi #GejayanMemanggil Ditunggangi Kekuatan Politik Tertentu

Senin, 23 September 2019 19:59 Reporter : Purnomo Edi
Mahasiswa Bantah Aksi #GejayanMemanggil Ditunggangi Kekuatan Politik Tertentu Demo Gejayan Memanggil. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Aksi demonstrasi #GejayanMemanggil yang diikuti ribuan massa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta berakhir dengan tertib dan damai. Aksi yang dimulai sejak pukul 13.00 WIB ini diakhiri dengan pembacaan sikap bersama pada pukul 17.00 WIB.

Aksi #GejayanMemanggil yang berakhir damai ini mematahkan prediksi yang ramai di media sosial yaitu aksi akan berakhir dengan ricuh. Berdasarkan pengamatan di lapangan sejak aksi dimulai hingga diakhiri tak terjadi kericuhan sama sekali.

Koordinator Umum (Kordum) Aliansi Rakyat Bergerak, Rico Tude menuturkan sehari sebelum aksi #GejayanMemanggil, beredar isu di media sosial bahwa aksi mahasiswa ini ditunggangi oleh kelompok tertentu.

Aksi #GejayanMemanggil yang berakhir dengan tertib dan damai ini dinilai Rico sebagai sebuah bukti bahwa apa yang disuarakan saat aksi adalah murni aspirasi dari mahasiswa dan masyarakat.

"Kami menyatakan bahwa gerakan hari ini tidak ada sangkut-pautnya dengan kekuatan-kekuatan politik yang kami anggap itu politik lama, sisa-sisa Orde Baru. Baik itu di kubu kampret maupun di kubu cebong. Ini murni suara mahasiswa dan masyarakat umum melihat kondisi saat ini," tegas Rico.

Rico menerangkan aksi #GejayanMemanggil tidak ditunggangi oleh barisan sakit hati dari kelompok manapun. Bahkan saat menjadi trending topic di Twitter, tagar #GejayanMemanggil justru diserukan oleh akun-akun yang tidak terlibat politik elektoral selama ini.

"Akun-akun yang selama ini men-share #GejayanMemanggil itu akun-akun yang selama ini tidak pernah terlibat dalam pro-kontra politik elektoral kemarin. Artinya, ada suatu energi baru, ada kekuatan baru yang hari ini menggugat rezim," tegas Rico. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Gejayan
  2. Yogyakarta
  3. Demo Mahasiswa
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini