MA serahkan ke KY soal calon Hakim Agung kakak Ganjar Pranowo

Rabu, 6 Juni 2018 19:04 Reporter : Merdeka.com
MA serahkan ke KY soal calon Hakim Agung kakak Ganjar Pranowo Juru Bicara MA Suhadi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Yudisial nama calon Hakim Agung Abdul Manaf dari Kamar Agama dan Pri Pambudi Teguh dari Kamar Perdata ke DPR. Untuk nama Pri Pambudi diketahui merupakan kakak Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP Ganjar Pranowo.

Terkait hal itu, juru bicara Mahkamah Agung Suhadi, mengatakan, proses seleksi semuanya diserahkan ke KY. Sehingga pihaknya enggan mencampuri.

"Seleksi Hakim Agung itu adalah otoritas dari kewenangan Komisi Yudisial," ucap Suhadi di kantornya, Jakarta, Kamis (6/6).

Karenanya terpilih atau tidak dua calon hakim itu, diserahkannya ke KY serta DPR. Meskipun demikian, dirinya melihat keduanya merupakan hakim senior.

"Jadi kita serahkan ke Komisi Yudisial dan DPR. Tapi kalau lihat track recordnya mereka hakim yang sudah senior," tukasnya.

Dia menuturkan, apapun bisa terjadi di DPR. Jadi bisa saja disetujui ataupun tidak memenuhi syarat. "Bisa yang diajukan DPR itu bisa diterima, bisa tidak," tuturnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini