Lebaran 2019, Pemprov Jateng Sediakan 1.200 Bus Mudik Gratis

Jumat, 24 Mei 2019 02:38 Reporter : Arie Sunaryo
Lebaran 2019, Pemprov Jateng Sediakan 1.200 Bus Mudik Gratis Sidak Bus Mudik. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pemudik, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyiapkan 1.200 unit armada bus ke berbagai jurusan. Angkutan Lebaran 2019 yang digratiskan tersebut merupakan bantuan dari kabupaten/kota di Jawa Tengah, Kementerian Perhubungan serta pihak swasta.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Jateng, Peni Rahayu mengatakan, jumlah armada bus gratis yang disiapkan tahun ini meningkat dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya.

"Lebaran tahun ini ada 1.200 bus mudik yang disediakan Pemprov Jateng, lebih banyak daripada tahun 2018," ujar Peni disela meninjau persiapan arus mudik dan balik Lebaran 2019 di Terminal Tirtonadi, Solo, Kamis (23/5).

Peni menjelaskan, ribuan armada tersebut, akan mengangkut pemudik asal Jateng. Terutama yang merantau di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu-Minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri. Selanjutnya penumpang akan diturunkan sesuai daerah asal, di antaranya di Terminal Tirtonadi.

"Kami ingin mengecek langsung kesiapan semua fasilitas transportasi umum di wilayah Solo dalam menyambut pemudik. Ini penting dilakukan untuk menjamin keselamatan pemudik," katanya.

Selain bus, Pemprov Jateng juga menyediakan layanan mudik gratis menggunakan kereta api. Pihaknya bekerjasama PT Kereta Api Indonesia (KAI). Namun untuk pemberangkatannya pihaknya masih berkoordinasi dengan PT KAI.

Pihaknya memprediksi, Pemudik yang menggunakan jalur darat dengan bus di Terminal Tirtonadi Solo naik 200 persen. Untuk itu ia meminta pada pengelola Terminal Tirtonadi Solo agar mempersiapkan diri menyambut pemudik agar bisa memberikan pelayanan terbaik. [bal]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini