KNKT masih bersihkan memory card FDR untuk mengunduh data penerbangan Lion Air JT610

Sabtu, 3 November 2018 18:30 Reporter : Sania Mashabi
KNKT masih bersihkan memory card FDR untuk mengunduh data penerbangan Lion Air JT610 KNKT bersihkan FDR black box. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hingga kini masih terus berusaha membersihkan kartu memori Flight Data Recorder (FDR) black box milik pesawat Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat dari garam laut.

Kasubkom Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT, Kapten Nurcahyo utomo berharap proses pengunduhan data memori black box bisa mulai Minggu (4/11).

"Kami harap besok Minggu (4/11) bisa didownload. Harapan kami sudah bisa di download," kata Nurcahyo di Kantor KNKT, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11).

Nurcahyo menjelaskan, garam pada kartu memori menempel karena black box sempat tenggelam di laut. Karena itu pembersihan harus dilakukan secara hati-hati.

"Proses saat ini masih pembersihan, kita hanya ambil memory cardnya saja," ujarnya.

Menurut dia, memang pada saat ditemukan black box dalam keadaan rusak. Namun kartu memorinya masih dalam keadaan bagus.

"Sudah kita keringkan. Setelah dikeringkan ternyata, kita temukan ada residu garam," ungkapnya.

Tambahnya, untuk bisa membaca dan mengunduh data di kartu memori diperlukan badan black box. Karena itu, KNKT meminjam black box pesawat Lion Air lain yang berkondisi baik serta juga mendapat pinjaman satu black box dari Singapura.

"Dari Lion Air dan satu lagi dari Singapura. Sudah siap dan akan kita sambungkan kabel. Kabel yang asli sudah rusak, akan kita sambung dengan yang baru," ucapnya. [ded]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini