Kisah Soekarno buatkan tempat tidur khusus untuk Raja Saudi

Kamis, 2 Maret 2017 18:53 Reporter : Rizky Andwika
Kisah Soekarno buatkan tempat tidur khusus untuk Raja Saudi Soekarno. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sejak mendaratkan kaki di Indonesia, Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud bertanya soal keturunan Presiden pertama Soekarno. Saat di Istana Bogor, Raja Salman sempat bertemu dengan cucu Bung Karno, Puan Maharani.

Dalam kesempatan itu Raja Salman sampai dua kali memanggil Puan. Hari ini, selain Puan, Raja Salman bertemu dengan Megawati Soekarnoputri di Istana Merdeka. Pertemuan berlangsung selama kurang lebih 15 menit bersama dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut Puan, ada cerita unik disampaikan Raja Salman terkait hubungan antara Raja Arab Saudi terdahulu dengan Presiden Soekarno. Namun Puan mengatakan, belum diketahui dengan jelas siapa Raja Arab Saudi yang pernah berkunjung ke Indonesia dan bertemu dengan kakeknya itu.

Namun Puan menceritakan, Presiden Soekarno sempat membuatkan tempat tidur khusus untuk Raja tersebut. "Jadi menceritakan bahwa waktu itu Raja Saudi ada yang bertemu dengan Bung Karno, ini yang tadi kita bicara enggak tahu Raja Saudi yang mana, bahwa Raja Faisal atau Abdullah," katanya, Kamis (2/3).

"Kemudian pada kesempatan itu raja yang mau datang ke Jakarta karena tinggi besar sekali enggak ada tempat tidur yang cukup. Nah Bung Karno selaku arsitek membuat tempat tidur khusus untuk raja tersebut, rajanya lupa, sepanjang dua meter. Sekarang tempat tidur itu ada di Istana Bogor," ungkap Puan.

Sebagaimana diketahui, kemarin di Istana Bogor, Rabu 1 Maret 2017, saat baru tiba di Istana Kepresidenan Bogor dan disambut oleh Presiden Joko Widodo, Raja Salman menanyakan cucu Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno. "Mana cucu Soekarno?" tanya Raja Salman kepada Presiden.

Tak lama, Presiden memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. "Ini cucu Soekarno," kata Presiden.

Dan akhirnya pada hari ini, Raja Salman dapat bertemu secara khusus dengan anak dan cucu dari Presiden Soekarno.

"Ini menunjukkan bukti bahwa hubungan antara Arab Saudi dengan Indonesia, Soekarno dengan Raja Faisal sangat erat, saya tentu saja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan hubungan ini," ucap Raja Salman seperti diungkapkan oleh Puan Maharani.

Baca juga:
Kisah pedang emas hadiah Raja Arab untuk Presiden Soeharto
Menengok gaya Jokowi dan Soeharto saat sambut Raja Saudi

Penasaran lihat cucu Soekarno, Raja Salman 2 kali panggil Menko Puan

Pria sepuh cium kening Raja Salman bikin heboh Saudi

Pertemuan hangat Raja Salman dengan anak Bung Karno Megawati

Cerita pengawal Raja Salman tak tidur 2 hari demi kunjungan ke RI

'Tangan Raja Salman halus dan tutur katanya lembut'

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini