Kepala Terjepit Tabung Rebusan Sawit, Karyawan PTPN VII Tewas

Rabu, 5 Desember 2018 02:04 Reporter : Irwanto
Kepala Terjepit Tabung Rebusan Sawit, Karyawan PTPN VII Tewas Ilustrasi Mayat. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Suasana PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VII mencekam karena salah satu karyawan tewas akibat kepalanya terjepit gerbong dan tabung rebusan sawit. Polisi masih menyelidiki kasus ini untuk melihat adanya kelalaian kerja.

Korban bernama Kusmanto (47), warga Desa Lubuk Empelas, Kecamatan Muara Enim, Sumatera Selatan. Dia sudah bekerja belasan tahun di perusahaan milik negara itu.

Peristiwa tersebut terjadi saat korban seperti biasa bekerja di bagian proses pengeluaran gerbong (roli) yang berisi kelapa sawit yang sudah direbus dari dalam tabung rebusan (streliser) di pabrik sawit PTPN VII Sungai Lengi, Desa Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Muara Enim, Senin (3/12).

Saat korban menarik keluar salah satu gerbong, gerbong lainnya anjlok ke mulut tabung rebusan sawit. Korban pun berusaha memperbaikinya agar kembali normal.

Namun begitu akan memutuskan rangkaian, gerbong justru mundur dan mendorong tubuh korban. Naas, kepala korban terjepit di antara gerbong dan tabung rebusan sawit. Korban pun tewas di tempat.

Kapolsek Gunung Megang AKP Ferryanto membenarkan kejadian itu. Korban tewas saat usai kepala dan lehernya terjepit saat memperbaiki gerbong yang tiba-tiba mengalami masalah.

"Korban terjepit antara gerbong dan tabung rebusan sawit. Korban tewas di tempat," ungkap Ferryanto saat dihubungi merdeka.com, Selasa (4/12).

Menurut dia, pihaknya sudah melakukan olah TKP dan memeriksa beberapa saksi, baik dari rekan seprofesi korban maupun manajemen. Hanya saja, keluarga korban belum melaporkan kasus ini secara tertulis kepada pihak kepolisian.

"Kita belum tahu apakah ada kelalaian kerja atau tidak. Yang pasti, korban sudah bekerja di bidang itu selama belasan tahun," pungkasnya. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kecelakaan Kerja
  3. Muara Enim
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini