KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Kepala BNPT sebut WNI gabung ISIS kebanyakan perempuan dan anak

Senin, 17 Juli 2017 20:02 Reporter : Rizky Andwika
Kepala BNPT Komjen Suhardi. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengakui banyaknya Warga Negara Indonesia (WNI) yang bergabung dengan ISIS. Namun, Suhardi mengatakan WNI yang bergabung dengan ISIS bukan dalam kategori sebagai 'fighter'. Sebab, mereka yang bergabung merupakan perempuan dan anak-anak.

"Tolong teman-teman ingat, peringkat (Indonesia) terbanyak setelah Rusia, tapi ingat dari Rusia itu fighter semuanya. Kalau dari Indonesia itu ada anak-anak, ada perempuan," kata Suhardi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (17/7).

Suhardi menyebutkan, data menunjukkan ada 400 WNI yang berangkat untuk bergabung dengan ISIS melalui Turki. Namun, mereka gagal dan dideportasi oleh otoritas setempat. Namun, pihak Turki enggan menjelaskan secara rinci terkait hal ini.

Setelah dirinya ke Turki, dia baru mengetahui WNI yang bergabung dengan ISIS merupakan anak-anak dan perempuan. Sebagian dari mereka telah pulang ke Tanah Air.

Kini, mereka telah mengikuti program deradikalisasi dari pemerintah. Namun, dia mengaku tidak mengetahui berapa jumlah WNI yang mengikuti program deradikalisasi tersebut. "Nanti kita cek lagi," ujarnya. [noe]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.