Kemensos Sebut Perlu Dukungan Pemulihan Kondisi Anak Akibat Covid-19

Sabtu, 21 Agustus 2021 00:29 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Kemensos Sebut Perlu Dukungan Pemulihan Kondisi Anak Akibat Covid-19 Perpustakaan Sekolah Alam Tunas Mulia di Bantargebang. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kementerian Sosial (Kemsos) Dr. Kanya Eka Santi menyebutkan perlunya pemerintah membantu pemulihan kondisi anak akibat COVID-19 dengan fokus pemenuhan hak hidup dan perlindungan anak.

“Saya kira kita harus melihat anak sebagai bagian dari lingkungan sosialnya. Respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak juga harus memperhatikan anak dan semua sub-sistem lingkungan sosialnya. Yang terpenting adalah memastikan anak mendapat perlindungan agar mampu berkontribusi pada perubahan aspek kehidupan akibat COVID-19,” kata Kanya dalam acara UNICEF “Menuju Respons dan Pemulihan COVID-19 yang Berfokus Pada Anak” secara daring di Jakarta dilansir Antara, Jumat (20/8).

Kanya menyarankan dilakukan pengembangan sistem data. Pengembangan tersebut menjadi sangat penting untuk memberikan data akurat terkait dengan COVID-19 tidak hanya pada anak tetapi juga keluarga.

“Respons segera anak-anak yang terdampak. Supaya ada dukungan psikososial, agar kita bisa menghindari dampak jangka panjang pada anak-anak,” kata Kanya menjelaskan perlunya melibatkan anak-anak dalam kegiatan yang dilakukan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, membangun resiliensi di kalangan anak-anak, melibatkan semua pihak terhadap pemulihan kondisi anak dan menyelesaikan vaksinasi dengan cepat juga diperlukan untuk dapat melindungi anak.

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas Dr. Ir. Subandi mengatakan diperlukan penguatan strategi jangka menengah dan panjang untuk mengantisipasi munculnya permasalahan baru pascabencana COVID-19.

“Pemulihan dampak tidak langsung terjadi pada anak akibat penerapan respons COVID-19. Misalnya mengejar ketertinggalan pemberian imunisasi pada anak, imunisasi dasar lengkap terutama,” kata Subandi menjelaskan pemerintah perlu masif melakukan imunisasi untuk melindungi anak dari penyakit.

Subandi menegaskan pemulihan kondisi anak yang terdampak pandemi COVID-19 ini memerlukan bantuan dari semua lapisan baik pemerintah atau non-pemerintah.

“Kemudian respon dan pemulihan pasca pandemi ini merupakan hal mendesak yang harus dilaksanakan segera. Dalam melaksanakannya, perlu dipastikan bahwa kebutuhan anak ini dapat terpenuhi,” kata dia. [ray]

Baca juga:
Kasus Covid-19 Menurun, Gibran Tutup Tempat Isolasi Terpusat
Presiden Jokowi: Isolasi Terpusat Kunci Menekan Angka Kematian Covid-19
Menag Terbitkan SE Kegiatan di Rumah Ibadah pada Masa Perpanjangan PPKM
Jokowi Minta Kapolri dan Panglima TNI Cegah Lonjakan Kasus Harian Covid-19
Alodokter Siap Dampingi Pasien COVID-19 Melalui Fitur Telekonsultasi Dokter Pribadi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini