Kang Emil janjikan pedagang pinjaman tanpa bunga, syarat rajin beribadah

Jumat, 20 April 2018 10:51 Reporter : Adi Nugroho
Kang Emil janjikan pedagang pinjaman tanpa bunga, syarat rajin beribadah Kang emil di pasar tambun. ©2018 Merdeka.com/Adi Nugroho

Merdeka.com - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil mengunjungi Pasar Tambun di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jumat (20/4) pagi. Dalam kunjungannya itu, sejumlah pedagang mengeluhkan banyaknya rentenir, serta kondisi pasar semakin sepi.

"Saya punya program terkait pinjaman, yaitu program mesra alias masjid sejahtera. Ini bisa mengatasi masalah rentenir," kata Kang Emil usai berdialog dengan pedagang.

Menurut dia, pedagang bisa mengajukan pinjaman tanpa bunga, tanpa agunan. Syaratnya, harus rajin beribadah ke masjid, sehingga nantinya pihak dewan kemakmuran masjid mengeluarkan surat rekomendasi pemberian pinjaman hingga Rp 30 juta.

"Ini sudah kami lakukan di Bandung, BPR (bank perkreditan rakyat) dengan DKM," kata Wali Kota Bandung nonaktif tersebut.

Karena itu, jika terpilih, Kang Emil akan menggulirkan program tersebut di seluruh Jawa Barat. Dengan program itu, pedagang kecil bisa mengembangkan usaha tanpa takut dikejar-kejar membayar utang dengan bunga tinggi seperti rentenir.

"Tugas pemimpin adalah memudahkan urusan rakyatnya," kata Kang Emil.

Selain rentenir, sejumlah pedagang mengeluh bahwa pasar sepi semenjak bermunculan toko modern. Karena itu, menurut dia, sejumlah fasilitas di Pasar Tambun harus diperbaiki seperti akses jalan yang becek.

"Akses yang mudah dan nyaman bisa menarik pembeli ke pasar tradisional. Perekonomian di pasar tradisional akan bergeliat kembali," katanya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini