KA Jayakarta Tabrak Toyota Yaris di Perlintasan Purwosari Solo

Senin, 20 Mei 2019 21:16 Reporter : Arie Sunaryo
KA Jayakarta Tabrak Toyota Yaris di Perlintasan Purwosari Solo Ilustrasi Kecelakaan Kereta. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kecelakaan lalu lintas terjadi di perlintasan kereta api, Jalan Slamet Riyadi, Purwosari, Solo, Senin (20/5) malam. Rangkaian kereta api yang melintas dari Solo ke arah Yogyakarta menabrak Toyota Yaris berwarna putih B 1992 EKZ.

Selain mobil berpelat nomor Jakarta, tabrakan juga melibatkan sepeda motor. Beruntung tak ada korban dalam kecelakaan tersebut. Dua orang penumpang mobil Yaris berhasil selamat, sedangkan pengendara sepeda motor terluka.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, mobil Yaris yang tertabrak ringsek. Bahkan sempat terseret hingga 50 meter lebih. Penyebab kecelakaan diduga saat kereta api melintas, palang pintu tidak menutup.

Wibowo Nugroho (48) warga Makamhaji, Kartasura yang kebetulan melintas di lokasi saat kejadian membenarkan, petugas diduga lupa menutup palang pintu. Sebelum kecelakaan terjadi ada kereta dari arah Yogyakarta ke Purwosari, saat itu palang pintu memang tertutup. Namun setelah palang pintu terbuka, tiba-tiba ada kereta melintas dari arah Solo ke Yogyakarta.

"Tadi itu ada kereta dari arah Stasiun Gawok (barat) ke Solo dan palangnya sudah tertutup. Setelah kereta lewat kok tiba-tiba dari timur ada kereta lagi. Padahal kita sudah nyebrang rel. Mungkin petugas tidak tahu kalau ada kereta lagi, jadi palangnya tidak ditutup," katanya.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan, kereta api yang mengalami kecelakaan adalah KA Jayakarta relasi Surabaya-Jakarta. Menurutnya, KA tersebut ditemper mobil Yaris.

"Alhamdulilah korban selamat. Jadi yang benar KA Jayakarta ditemper mobil, bukan KA Jayakarta nabrak mobil. Kalau mobil ditabrak dipastikan korban parah. Alhamdulillah masih diberikan selamat," katanya.

Eko menambahkan, terkait penyebab terjadinya kecelakaan, ia menyampaikan masih dalam penyelidikan. Akibat kejadian tersebut, arus lalu lintas di jalur utama tersebut mengalami macet cukup lama. Lalu lintas harus dialihkan ke Jalan Slamet Riyadi, Kartasura, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Dr Moewardi. [cob]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini