Jokowi Nyatakan Riau Berstatus Siaga Darurat Kebakaran Hutan

Senin, 16 September 2019 20:24 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Nyatakan Riau Berstatus Siaga Darurat Kebakaran Hutan Jokowi di Riau. ©2019 Humas Pemprov Riau

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo kesal dengan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau, yang hampir tiap tahun terjadi. Dia menilai penanganan peristiwa ini berjalan lambat sehingga menyebar ke provinsi lain dan negara tetangga.

"Provinsi Riau telah dinyatakan berstatus siaga darurat, luas yang terbakar sudah puluhan ribu hektare," kata Jokowi saat membuka rapat penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Hotel Novotel Pekanbaru, Riau, Senin (16/9).

Kabut asap pekat sudah mengganggu aktivitas. Sekolah dan perkuliahan diliburkan, penerbangan juga banyak dibatalkan. Warga juga mulai terjangkit penyakit.

"Jangan sampai ini ganggu aktivitas penerbangan yang berimbas pada aktivitas ekonomi di Riau. Kita tidak harapkan," tuturnya.

Rapat dihadiri, Menko Polhukam Wiranto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahanto, Kapolda serta Gubernur Riau.

Data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), kebakaran terbesar yang terjadi di Riau mencapai 40 ribu hektare.

Udara di empat daerah Riau masuk kategori berbahaya untuk dihirup, yakni Kota Pekanbaru, Rokan Hilir, Dumai dan Siak. Sementara dua daerah lain yang dinyatakan tidak sehat yaitu Bengkalis dan Kampar. [did]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini