Jokowi dan Iriana Tanam Ribuan Bibit Vetiver di Wonogiri

Sabtu, 15 Februari 2020 12:40 Reporter : Merdeka
Jokowi dan Iriana Tanam Ribuan Bibit Vetiver di Wonogiri Jokowi Tanam Vetiver di Bogor. ©2020 Merdeka.com/Rasyid Ali

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana melakukan penanaman bibit vetiver di Desa Jatisari Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (15/2). Keduanya tampak mengenakan kemeja berwarna putih.

Berdasarkan pantauan, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Iriana tiba di lokasi pukul 10.04 WIB. Kedatangan Jokowi disambut oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dia terlebih dahulu meninjau kebun bibit dan dam penahan erosi di Desa Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Kemudian, barulah Jokowi dan Iriana bersama masyarakat setempat melakukan penanaman bibit vetiver.

Mantan Walikota Solo itu tampak mengambil cangkul berukuran kecil untuk menanam vetiver atau yang biasa disebut akar wangi. Selanjutnya, para masyarakat mengikuti. Menurut Jokowi, ada 82 ribu bibit vetiver yang hari ini ditanam.

Namun, dia ingin ke depannya ada puluhan juta bibit yang bisa ditanam di daerah-daerah. Sebab, Jokowi menyebut tanaman itu sangat efektif menahan banjir dan longsor.

"Jangan hanya kayak sekarang 82 ribu ndak, 50 juta 70 juta itu yang bener, nggak nendang kalau hanya bikin 82 ribu. Meskipun saya tau hanya satu skup desa tapi juga masih kurang, juta, mainnya memang harus begitu," kata Jokowi kepada wartawan di lokasi.

1 dari 1 halaman

Ini kedua kalinya Jokowi menanam pohon vetiver. Tanaman vetiver sendiri pertama kali diperkenalkan Jokowi saat berkunjung ke Sukajaya, Kabupaten Bogor.

Tanaman vetiver sangat ampuh menahan longsor karena dalam kurun waktu setahun, akarnya bisa tumbuh 50 centimeter hingga 1 satu meter. Sementara dalam waktu 3 tahun tingginya mencapai empat meter.

Untuk itu, Jokowi meminta agar vetiver mulai ditanam di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir dan longsor. Terlebih, perawatannya pun terbilang mudah.

"Tanam mah enggak usah dirawat langsung muncul. Tiga tahun akarnya sudah sampe ke-tiga meter, keempat meter. Mudah sekali (perawatannya)," ucap dia.

Reporter: Lizsa Egeham (Liputan6.com) [ray]

Baca juga:
Jokowi Kunker ke Kampung Halaman, Ini Agendanya Selama di Jawa Tengah
Jokowi Cek Pengendali Lahar Dingin Gunung Merapi Setelah Erupsi
Presiden Jokowi Akan Resmikan Stadion Manahan Besok
Tanam Pohon di Merapi, Jokowi Tegaskan Komitmen Jaga Ekosistem
PKS Sebut Harga BBM Tak Sama Rata Sesuai Klaim Presiden Jokowi
Jokowi Ingin Semakin Banyak Elang Jawa Dilepasliarkan di Merapi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini