Jokowi berencana undang Moon Jae dan Kim Jong-un di pembukaan Asian Games

Kamis, 28 Juni 2018 20:43 Reporter : Supriatin
Jokowi berencana undang Moon Jae dan Kim Jong-un di pembukaan Asian Games Jokowi. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengundang Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in,dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dalam pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta pada 18 Agustus mendatang.

"Presiden memang berkeinginan mengundang ini Presiden Korut dan Korsel untuk menghadiri pembukaan Asian Games," kata Juru Bicara Kepresidenan, Johan Budi Sapto Prabowo, Kamis (28/6).

Menurut Johan, saat ini rencana tersebut masih dibahas di Kementerian Luar Negeri. Dia memastikan, Kepala Negara belum mengirim undangan kepada Presiden Korsel dan Korut.

"Jadi kalau kamu menyebut surat undangan disampaikan, ini belum. Harus sama-sama Presiden. Tetapi sudah ada pembicaraan ke arah situ dengan Kemenlu masing-masing dengan kedutaan juga," ujar mantan Jubir KPK ini.

Asian Games ke XVIII akan digelar pada 18 Agustus sampai 2 September mendatang. Ajang olahraga tingkat Asian ini dilaksanakan di Jakarta dan Palembang.

Di Asian Games 2018, atlet Korut dan Korsel akan bersatu kembali di bawah bendera persatuan Korea. Ini menjadi salah satu alasan Jokowi ingin mengundang Presiden Korsel dan Korut.

Asian Games 2018 akan diikuti 45 negara dan akan mempertandingkan 37 cabang olahraga. Puluhan negara yang berlaga di antaranya Afghanistan, Korea, Qatar, Bahrain, Kuwait, Saudi Arabia, Bangladesh, Kyrgyzstan, Singapore, Bhutan, Laos, Sri Lanka, Brunei Darussalam, Lebanon, dan Syria. Ada juga Cambodia, Macau, Iran, China, Malaysia, Tajikistan, Hong Kong, Mongolia, Thailand, India, Myanmar, Timor-Leste, Nepal, dan Iraq. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini