Jerry Sambuaga Jadi Wamendag, Total 4 Kader Golkar di Kabinet Indonesia Maju

Jumat, 25 Oktober 2019 23:28 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Jerry Sambuaga Jadi Wamendag, Total 4 Kader Golkar di Kabinet Indonesia Maju Wamendag Jerry Sambuaga. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Partai Golkar kembali menempatkan satu kader di Kabinet Indonesia Maju. Satu nama tambahan yakni kader milenial Golkar Jerry Sambuaga dipercaya Presiden Joko Widodo menduduki posisi Wakil Menteri Perdagangan.

Sebelum Jerry, para seniornya telah lebih dulu dilantik menjadi menteri. Mereka adalah Airlangga Hartarto menjadi Menko Perekonomian, Zainudin Amali menjadi Menpora dan Agus Gumiwang Kartasasmita di posisi Menteri Perindustrian.

Dalam penyusunan kabinet, Golkar mendapatkan kursi terbanyak kedua bersama Partai NasDem dan Partai Kebangkitan dengan masing-masing mendapat jatah tiga menteri. Partai yang mendapatkan jatah menteri terbanyak adalah PDIP dengan 5 kursi.

Sementara Gerindra yang baru masuk kabinet mendapat jatah dua menteri. Sedangkan PPP paling sedikit dengan satu kursi.

Masuknya Jerry membuat Golkar mendapat total 4 Posisi di kabinet. 4 Kursi itu menjadi kompensasi dari Jokowi atas kontribusi mengantarkan Jokowi-Ma'ruf Amin ke kursi Presiden dan Wapres.

Jerry dilantik bersama 11 wakil menteri lain. Sebelum dilantik, Jerry sempat berbincang dengan Jokowi. Presiden Jokowi memberikan arahan untuk menyelesaikan perjanjian perdagangan. Sehingga, bisa meningkatkan daya perdagangan Indonesia.

"Pak Presiden memberikan arahan terkait isu-isu perjanjian internasional, perdagangan internasional, dan bagaimana Indonesia bisa memberdayakan mengoptimalkan kebijakan yang bisa membuat Indonesia lebih kuat," kata Jerry di Jakarta, Jumat (25/10).

Jerry merupakan adalah anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2014-2019 dari Partai Golkar. Pada tahun 2016, mendapatkan gelar Doktor dari Ilmu Politik dan menjadikannya sebagai Doktor Ilmu Politik termuda dari Universitas Indonesia.

Putra dari Theo L. Sambuaga ini mencalonkan diri kembali menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Golkar Dapil Sulawesi Utara dengan nomor urut 1.

Jerry merupakan lulusan Bachelor of Arts in Politics, University of San Francisco (2006). Master of International Affairs in International Security Policy, Columbia University (2008). Doktor Ilmu Politik, Universitas Indonesia (2016).

Berikut susunan wakil menteri di Kabinet Indonesia Maju:

Wakil Menteri Luar Negeri: Mahendra Siregar

Wakil Menteri Agama: Zainut Tauhid

Wakil Menteri Pertahanan: Wahyu Sakti Trenggono

Wakil Menteri Keuangan: Suahasil Nazara

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat: John Wempi Wetipo

Wakil Menteri Lingkungan Hidup: Alue Dohong

Wakil Menteri Perdagangan: Jerry Sambuaga

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi: Budi Arie Setiadi

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN): Surya Tjandra

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN): Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif: Angela Tanoesoedibjo [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini