Jelang Mudik, Petugas BPTD Lakukan Ramp Check Bus di Terminal Tirtonadi

Senin, 13 Mei 2019 22:35 Reporter : Arie Sunaryo
Jelang Mudik, Petugas BPTD Lakukan Ramp Check Bus di Terminal Tirtonadi Petugas BPTD Lakukan Ramp Check Bus di Terminal Tirtonadi. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Surakarta melakukan kegiatan Inspeksi Keselamatan (Ramp Check) di Terminal Tirtonadi, Solo, Senin (13/5). Kegiatan tersebut dalam rangka persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2019, khususnya yang menggunakan armada bus.

Seluruh bus yang akan digunakan untuk angkutan Lebaran, dilakukan pemeriksaan atau pengujian teknis. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap fisik kendaraan dan administrasi pengemudi maupun kendaraan. Petugas juga memberikan pengarahan bagi pemilik dan pengemudi kendaraan terkait kelengkapan yang wajib ada di mobil angkutan. Angkutan lebaran juga harus dilengkapi perizinan serta memasang stiker laik jalan.

"Kegiatan ramp check ini bertujuan untuk memastikan kesiapan kendaraan yang digunakan untuk mudik lebaran. Kalau ditemukan kendaraan yang masuk kategori tidak laik, akan direkomendasikan untuk dilakukan perbaikan terlebih dahulu," ujar Kepala Seksi Angkutan BPTD Wilayah III Surakarta, Waskito Diantono.

Sedangkan untuk pemeriksaan fisik meliputi ban, wiper, lampu, klakson dan bagian pendukung yang lainnya. Jika sudah dinyatakan laik jalan, lanjut dia, petugas akan menempelkan stiker di bus tersebut.

"Stiker ini sebagai tanda bahwa bus sudah melalui ramp check dan dinyatakan laik jalan," terangnya.

Dengan stiker tersebut, calon penumpang bisa mengetahui jika bus yang akan ditumpanginya sudah laik jalan. Penumpang, dikatakannya, bisa memilih bus yang sudah ada stikernya. Untuk bus yang tidak laik jalan, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk memberikan sanksi atau mengandangkan. Pihaknya hanya berwenang memberikan rekomendasi.

Selain persiapan mudik, pengecekan tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan juga nyaman bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi darat.

"Kami juga akan melakukan pengecekan di garasi bus yang ada di Solo," tutupnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini