Jaksa Agung Sebut Anak Buahnya Tidak Ikut Uji Kompetensi Capim KPK Karena Sedang Haji

Minggu, 21 Juli 2019 12:37 Reporter : Nur Habibie
Jaksa Agung Sebut Anak Buahnya Tidak Ikut Uji Kompetensi Capim KPK Karena Sedang Haji Jaksa Agung HM Prasetyo

Merdeka.com - Sejumlah calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lolos seleksi administrasi. Dari 376 pendaftar capim KPK, ada 192 orang dinyatakan lolos seleksi administrasi oleh panitia seleksi.

Dari jumlah tersebut, Capim yang berprofesi akademisi atau dosen menjadi yang terbanyak dengan total 40 orang. Kemudian diikuti advokat atau konsultan hukum (39), jaksa atau hakim (18), korporasi (17), komisioner atau pegawai KPK (13), anggota Polri (13), auditor (9), dan profesi lain (43).

Muhammad Rum merupakan satu dari seratusan nama yang lolos. Namun saat uji kompetensi yang digelar Kamis kemarin, jaksa tersebut tidak hadir.

Menyikapi hal ini, Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengatakan Rum tidak hadir karena sedang haji.

"Itu naik haji kebetulan, dia naik haji yang enggak bisa ditunda lagi. Jadi terpaksa dia tidak bisa mengikuti kelanjutan seleksi yang ada," kata Prasetyo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (21/7).

Prasetyo pun mengungkapkan, tidak ada alasan pihaknya tak memilih Rum untuk menjadi Capim KPK. Karena, Rum dinilainya mempunyai integritas yang baik.

"Tapi niat dan semangat untuk ikut sebenarnya ada, dan saya melihat sebenarnya anaknya pun cukup capable dan memiliki integritas untuk tampil menjadi atau dipilih menjadi Capim KPK," ungkapnya.

"Tapi ya karena yang bersangkutan sedang melaksanakan ibadah haji, tentunya menjadi terhalang untuk mengikuti seleksi yang sudah berjalan," sambungnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini