Jaga Kondusifitas, Pejabat Papua Diminta Tiru Gaya Blusukan Jokowi

Selasa, 24 September 2019 20:01 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jaga Kondusifitas, Pejabat Papua Diminta Tiru Gaya Blusukan Jokowi Jokowi di Papua. ©Setpres RI

Merdeka.com - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menemui anggota DPRD terpilih kabupaten kota se-provinsi Papua dan Papua Barat. Dalam pertemuan, anggota dewan ingin terus ada dialog berkelanjutan antara pemerintah pusat dan pejabat daerah Papua supaya situasi di bumi cendrawasih kondusif.

"Jadi aspirasi teman-teman DPRD yang dialog dengan kami memang ingin ada proses dialog yang secara kontinyu," kata Tjahjo di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (24/9).

Dia menambahkan, pejabat pemerintah pusat dan daerah juga diminta turun ke akar rumput supaya situasi rusuh di Papua bisa redam. Tjahjo mencontohkan cara Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan.

"Pejabat pusat maupun pejabat daerah bergaya seperti Pak Jokowi turun ke bawah, berdialog bersalaman, menyerap aspirasi masyarakat yang ada di Papua," imbuh politikus PDIP itu.

Kemudian, para anggota DPRD Papua minta pemerintah pusat memberikan kontribusi maksimal kepada tokoh-tokoh dan masyarakat adat asli Papua. Pemerintah, kata Tjahjo, akan menampung masalah perumahan rakyat, pendidikan, kesehatan, sanitasi umum, air bersih dan listrik.

"Itu juga harus menjadi segala prioritas penyusunan anggaran yang disetujui oleh Kemendagri lewat APBD-nya termasuk khusus yang dibuat untuk anggaran otonomi khususnya juga naik sukses ke skala," tandas Tjahjo. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini