Inilah 3 Jenis Senjata Api akan Dipakai Perusuh 22 Mei di Jakarta

Rabu, 22 Mei 2019 17:19 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Inilah 3 Jenis Senjata Api akan Dipakai Perusuh 22 Mei di Jakarta Konpers di Media Center Kemenko Polhukam. ©Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Pihak kepolisian langsung bergerak cepat menangkap pelaku penyelundupan senjata ilegal. Senjata-senjata itu akan digunakan untuk mengacaukan Jakarta di tengah aksi demonstrasi 22 Mei di Kantor Bawaslu Jakarta.

Menurut Kapolri Jenderal Tito Karnavian, ada tiga jenis senjata yang sudah diamankan pihak kepolisian. Berikut ini ulasan tentang tiga jenis senjata yang akan digunakan pelaku untuk membuat kerusuhan di Jakarta pada 22 Mei:

1 dari 3 halaman

Senapan Serbu M4

Senapan serbu jenis M4 disita oleh pihak kepolisian. Senapan serbu ini terbilang senjata canggih dan biasanya digunakan militer di berbagai dunia.

M4 memiliki pilihan tembakan semi-otomatis dan burst tiga butir. M4 menggunakan peluru kaliber 5.56 x 45 mm NATO. Senapan buatan Amerika Serikat ini merupakan jenis senapan selective-fire, yang menggunakan sistem gas, air-cooled, memakai magazen box, dan mempunyai popor teleskopik.

2 dari 3 halaman

Revolver

Jenis senjata kedua yang diamankan adalah Revolver. Ada dua jenis senjata api Revolver. Pertama Single-action revolver atau senjata api dengan palu. Untuk Single-action revolver, palu yang memukul peluru sehingga meledak dan mendorong proyektil peluru keluar. Palu di pistol berada di atas pelatuk.

Kedua Double-Action Revolver. Senjata api ini menggunakan palu yang bergerak secara otomatis bersamaan dengan ditekannya pelatuk (dan silindernya bergerak ke arah peluru selanjutnya secara otomatis sesudah peluru keluar).

Revolver merupakan jenis senjata api, pelurunya dimasukkan ke tabung berputar. Pada revolver berkaliber 44 berisi 5-7 peluru. Kemudian revolver berkaliber 22 berisi 8-10 peluru.

Cara pengisian revolver dibagi menjadi 2 menurut design dan bentuk revolver. Pertama adalah pengisian satu per satu seperti revolver jenis lama seperti Colt Peacemaker, dan yang kedua adalah langsung, ketika silinder pengangkut peluru keluar.

3 dari 3 halaman

Glock Meyer 22

Jenis senjata ketiga yang diamankan adalah Glock. Senjata ini merupakan senjata buatan Austria. Pistol Glock digunakan oleh angkatan bersenjata dan lembaga penegak hukum di seluruh dunia, termasuk sebagian besar lembaga penegak hukum di Amerika Serikat.

Glock 22 memiliki panjang 204 mm/8,03 inci dan lebar 32 mm/1,26 inci. Glock 22 merupakan versi .40 S&W. Kapasitas tempat mesiu sebanyak 15 putaran. Glock 22 juga termasuk senapan semi otomatis dan senapan mesin. [has]

Baca juga:
Kapolri Tegaskan Tak Pernah Perintahkan Tembak di Tempat
RSUD Tarakan Sebut Korban Bentrok Terkena Peluru Karet, Bukan Peluru Tajam
Demo di Mapolres Pamekasan Memanas, Brimob Pukul Mundur Massa
Soal Dalang Kericuhan Demo 22 Mei, Jokowi Serahkan pada Wiranto dan Kapolri
Ada Aksi 22 Mei, Pedagang Pasar Tanah Abang Telan Kerugian Rp100 Miliar per Hari

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini