Ini Nama Tiga Perwira Polisi yang Bertugas di Provinsi Baru Papua

Sabtu, 26 November 2022 22:48 Reporter : Ronald
Ini Nama Tiga Perwira Polisi yang Bertugas di Provinsi Baru Papua Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D Fakhiri. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menunjuk tiga pejabat utama bertugas sebagai perwira penghubung atau Liaison Officer (LO) di tiga provinsi baru Papua. Tiga provinsi baru Papua itu adalah Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Penunjukan perwira itu berdasarkan surat perintah Kapolda Papua Nomor: Sprin/1059 S.D 1061/XI/KEP./2022 Tanggal 24 November 2022.

"Penunjukan tersebut bertujuan agar para PJU bisa berkoordinasi dengan 3 penjabat Gubernur untuk mempersiapkan mulai segi keamanan dan mengakomodir semua Kapolres di wilayah masing-masing, sesuai daerah Otonomi baru yang sudah dibentuk," kata Mathius dalam keterangan tertulis diterima Sabtu (26/11).

Adapun untuk tiga PJU Polda Papua yang ditunjuk sebagai LO yakni Kabid TIK Polda Papua Kombes Pol Erick Kadir Sully, untuk Papua Selatan, Dir Pamobvit Polda Papua Kombes Pol Nicholas A. Lilipaly, Papua Pegunungan, dan Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Gustav R. Urbinas, Papua Tengah.

2 dari 2 halaman

Tugas

Menurut Mathius, para Kapolres akan tetap berada di wilayah masing-masing. Sedangkan tugas-tugas di tingkat provinsi baru akan diperankan oleh LO.

Dia menambahkan, para PJU tersebut akan didampingi masing-masing 3 personel untuk membantu pelaksanaan tugas penghubung.

"Nanti LO akan berkoordinasi dengan Pj Gubernur di masing-masing wilayah baru sambil menyiapkan bagaimana persiapan pembangunan infrastruktur menuju pembentukan tiga Polda baru," ujar dia. [gil]

Baca juga:
DPR RI Sahkan Provinsi Papua Barat Daya
Lambertus Jitmau: Terimakasih Presiden Atas Kelahiran Bayi Provinsi Papua Barat Daya
Ketua DPR Targetkan Perppu Pemilu Selesai Desember 2022
Pemerintah Akan Terbit Perppu untuk Akomodasi Tiga Provinsi Baru Papua
Mendagri Tito Tagih DPR Sahkan RUU Papua Barat Daya: Kalau Mau Diketok Ya Cepat!
Perppu Pemilu Soal DOB Papua Terhambat Karena RUU Papua Barat Daya Belum Disahkan DPR
UU Pemekaran Papua Barat Daya Disahkan, DPR Dukung Demi Pemerataan Pembangunan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini