INFOGRAFIS: Aturan Baru Masuk Candi Borobudur

Kamis, 9 Juni 2022 11:14 Reporter : Tim Merdeka
INFOGRAFIS: Aturan Baru Masuk Candi Borobudur Infografis Aturan Baru Masuk Candi Borobudur. ©2022 Merdeka.com/Grafis: Amar Choiruddin

Merdeka.com - Rencana kenaikan harga tiket naik ke area stupa Candi Borobudur ditangguhkan. Keputusan ini setelah pemerintah dan pihak pengelola mendengar masukan dan protes dari banyak pihak.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sudah bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut memutuskan menunda penerapan rencana kenaikan harga tiket naik ke area stupa di Candi Borobudur.

"Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, di-postpone dulu, dan memang TWC sama balai sedang komunikasi maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan," kata Ganjar usai bertemu dengan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Rumah Dinas Gubernur Jateng, Semarang, Selasa (7/6).

Keputusan penundaan juga disampaikan secara tegas oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Untuk Borobudur, kita Alhamdullilah atas masukan dari semua tokoh masyarakat, tokoh agama, para ahli, keputusan untuk biaya masih ditunda untuk dikaji kembali. Namun tentunya sudah bisa dipastikan bahwa batas daya dukung itu hanya 1.200 per hari," kata Sandiaga Uno.

Awalnya, pemerintah dan pihak pengelola Candi Borobudur bakal menerapkan tarif baru untuk naik ke area stupa candi Borobudur. Bagi wisatawan lokal, harus membeli tiket seharga Rp750.000 untuk naik ke area stupa. Sedangkan untuk wisatawan asing, USD100. Keputusan ini ditetapkan melalui rapat koordinasi dengan pemerintah pusat.

Selain itu, pemerintah dan pengelola juga menetapkan kuota 1.200 orang per hari untuk naik ke stupa Candi Borobudur. Dimaksudkan untuk menjaga kelestarian cagar budaya. Sehingga pengunjung yang ingin menaiki candi harus orang yang bersungguh-sungguh dan berkepentingan.

"Kita tahu sudah ada yang miring dan harus diberi penyangga. Kita tidak ingin kondisi yang rusak terjadi terus. Jadinya memang perlu ada konservasi atau perlindungan karena Candi Borobudur sudah menjadi petilasan yang sangat mendunia. Niat kita kepingin menyelamatkan bangunannya karena masuk ranking pertama warisan dunia yang ditetapkan oleh Unesco," kata Muhadjir Effendi di kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Dalam menjaga Candi Borobudur harus melibatkan seluruh elemen. Mulai dari masyarakat, pemerintah dan lain sebagainya. Candi Borobudur adalah salah satu bangunan bersejarah di Indonesia. Ada banyak sejarah di balik megahnya Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia dan salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. [has]

Baca juga:
Dikritik DPR Soal Tiket Borobudur, Luhut: Jangan Cari Popularitas dengan Serang Saya
Wacana Tiket Rp750.000 Ditunda, Kuota Pengunjung Naik Candi Borobudur akan Dibatasi
Menteri Sandiaga: Kenaikan Harga Tiket Masuk Borobudur Ditunda
Menteri PMK Muhadjir: Candi Borobudur Rusak dan Perlu Konservasi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Infografis
  3. Candi Borobudur
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini