Ikuti Panduan Google Maps, Turis Prancis Naik Sepeda Motor Masuk Jalan Tol

Senin, 7 Oktober 2019 20:35 Reporter : Erwin Yohanes
Ikuti Panduan Google Maps, Turis Prancis Naik Sepeda Motor Masuk Jalan Tol Turis asal prancis naik sepeda motor masuk jalan tol. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Mengaku gara-gara mengikuti panduan Google Maps, seorang turis asal Prancis yang naik sepeda motor dari Malang menuju Pasuruan, kesasar masuk tol. Akibatnya, dia pun harus dihentikan polisi saat berada di ruas jalan Tol Singosari Malang.

Informasi yang dihimpun menyebutkan peristiwa itu terjadi Senin (7/10) sekira pukul 08.30 WIB. Saat itu Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jatim mendapati informasi dari petugas tol bahwa ada seorang pengendara sepeda motor Honda Scoopy dengan Nopol AG 3164 RAP masuk ke ruas Tol Singosari Malang.

Karena searah dengan jalur patroli maka pengendara tersebut ditemukan dan dihentikan. Petugas pun sempat menanyakan tujuannya masuk ke jalur tol.

Pengendara yang mengaku bernama Philippe asal negara Prancis itu menjelaskan dengan bahasa Indonesia yang masih terbata-bata, bila dia berkendara dari tempatnya bermalam di Hotel Solaris Singosari Malang hendak menuju Taman Safari Sukorejo Pasuruan.

Philippe juga sempat menunjukkan paspor, SIM Internasional dan STNK sepeda motor Honda Scoopy Nopol AG 3164 RAP yang disewa. Dia menjelaskan menggunakan aplikasi panduan Google Maps yang dipinjam dari kendaraan mobil temannya.

Dia bercerita bila sudah sesuai dengan petunjuk arah dari Google Map, yaitu masuk jalur Tol Karanglo Singosari untuk menuju ke Taman Safari Sukorejo Pasuruan.

"Benar kejadian itu. Petugas Sat PJR juga memberikan penjelasan bahwa jalan tol hanya diperbolehkan untuk kendaraan roda 4 ke atas dan pengendara motor dilarang memasuki ruas tol tersebut," ujar Kasat PJR Polda Jatim AKBP Bambang S Wibowo, Senin (7/10).

Terkait dengan kejadian, petugas Sat PJR Polda Jatim pun hanya memandu Philippe agar dapat keluar dari jalan tol dengan aman. [cob]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini