Hilang Usai Simulasi Patroli di Hutan TNBT, 12 Siswa SMK Ditemukan Lemas

Rabu, 3 April 2019 21:05 Reporter : Abdullah Sani
Hilang Usai Simulasi Patroli di Hutan TNBT, 12 Siswa SMK Ditemukan Lemas 12 siswa SMK ditemukan lemas di hutan TNBT. ©2019 Merdeka.com/abdullah sani

Merdeka.com - Sebanyak 12 siswa SMK Kehutanan Pekanbaru sempat dinyatakan hilang tersesat di Hutan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau Rabu (3/4). Mereka ditemukan selamat, namun dalam kondisi lemas karena kehabisan bekal makanan.

"Iya sudah berhasil ditemukan tim Basarnas‎, semua selamat. Saat ini sudah dievakuasi ke Basecmap TNBT," ujar Humas Basarnas Pekanbaru, Kukuh Widodo.

Kukuh menyebutkan, para pelajar itu mengikuti aktivitas sekolah 'Lintas Alam' di hutan yang dilindungi negara tersebut. Namun, mereka tidak mengikuti jalur yang tepat saat melintasi hutan itu.

12 siswa SMK ditemukan lemas di hutan TNBT ©2019 Merdeka.com/abdullah sani


"Mereka tidak berjalan di lintasan yang sebenarnya. Tapi yang penting sudah ditemukan semua jam 11 siang tadi. Jarak antara lokasi mereka tersesat dengan basecamp sekitar 8 kilometer," kata Kukuh.

‎Para siswa itu melakukan praktik industri dengan simulasi patroli perlindungan dan pengamanan hutan di TNBT, sejak Selasa (2/4) pukul 09.00 Wib. Namun, mereka tidak kembali ke basecamp pukul 13.00 Wib.

Kondisi itu membuat tim Basarnas mencari keberadaan mereka hingga tengah malam pukul 02.00 Wib, namun tak juga ditemukan. Kemudian pencarian dilanjutkan pagi harinya, dan mereka ditemukan dalam kondisi lemas sekitar pukul 11.00 Wib. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini