H-1 Lebaran, harga daging sapi di Pasar Cikampek tembus Rp 130 ribu kilogram

Kamis, 14 Juni 2018 12:31 Reporter : Bram Salam
Daging. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sehari jelang Lebaran, harga daging sapi di Pasar Tradisional Cikampek, Karawang tembus Rp 130 ribu per kilogram. Padahal sehari sebelumnya harga daging ada di kisaran Rp 110 ribu per kilogram.

"Kenaikan harga daging sapi segar ini terjadi akibat tingginya permintaan konsumen," kata Cadi, salah seorang pedagang sapi di Pasar Cikampek, Kamis (14/6).

Menurut Cadi, selain permintaan konsumen yang naik juga dipicu harga sapi hingga 30 persen.

"Harga di tingkat peternak sampai ke bandar naik ditambah kondisi sapi yang berkurang dan otomatis memicu kenaikan harga daging sapi," katanya.

Pedagang daging sapi lainnya, Herman (45) mengatakan saat ini harga sapi potong rata-rata di atas Rp 24 juta untuk tingkat pedagang dan peternak. Padahal sebelumnya berkisar Rp 20 jutaan.

"Permintaan pasar yang tinggi membuat harga di tingkat pedagang juga naik," kata Herman.

Sementara itu, harga daging sapi beku atau daging import juga terpantau naik dan dibanderol Rp 90 - 100 ribu per Kilogram atau mengalami kenaikan sekitar Rp 10 ribu dari harga eceran tertinggi (HET) daging sapi.

"Untuk harga daging beku ini naiknya hanya Rp 10 ribu per kilogram,nya" jelas pedagang daging beku," Edi.

Harga cabai naik dua kali lipat

Tak cuma harga daging, harga cabai juga melonjak di sejumlah pasar tradisional di Cikampek. Kenaikan mencapai dua kali lipat dibandingkan hari sebelumnya.

Untuk harga Cabai Rawit saat ini berada di kiaqran Rp 40.000 dari semula atau tiga hari lalu Rp. 20.000 perkilogramnya. Sedangkan Cabai Kriting dijual dengan harga Rp 50.000 dari semula Rp 25.000 perkilogram.

"Iya mahal karena kebutuhan masyarakat untuk lebaran. Sama dengan kebutuhan daging," jelas Eti, salah satu pedagng.

Pedagang Cabai di pasar Tradisional Cikampek mengaku terpaksa menaikan harga hingga 100 persen. Sebab kenaikan juga telah terjadi dari tingkat
pemasok.

"Dampak dari kenaikan ini yang beli menurun, biasanya 10 kilogram sekarang paling 3 kilogram," tambah Eti.

Sementara untuk harga Bawang kenaikan tidak terlalu signifikan seperti harga Bawang Putih dari Rp 20.000 naik menjadi Rp 24.000 perkilogram, Bawang Merah dari Rp 28.000 menjadi Rp 30.000 perkilogram,kentang yang biasanya dijual Rp12 ribu perkilogram kini menjadi 16 ribu perkilogram.

[lia]

Topik berita Terkait:
  1. Harga Daging Sapi
  2. Lebaran 2018
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini