Gondol uang Rp 700 juta, lima pencuri spesialis pecah kaca diringkus

Jumat, 17 Februari 2017 23:04 Reporter : Nur Aditya
Pencuri spesialis pecah kaca mobil di Samarinda. ©istimewa

Merdeka.com - Unit Jatanras Satreskrim Polresta Samarinda, meringkus 5 pencuri Rp 700 juta, spesialis pecah kaca mobil, usai beraksi di kawasan Jalan Niaga Baru, kawasan Pasar Pagi, Samarinda, Kamis (16/2) sore kemarin. Kelimanya dibekuk saat dalam perjalanan ke Kalimantan Selatan.

"Ya benar, kami tangkap 5 orang, di kecamatan Batu Kajang di kabupaten Paser, mengarah ke Kalsel," kata Kasat Reskrim Polresta Samarinda, Kompol Sudarsono, Jumat (17/2).

Keterangan diperoleh, peristiwa itu terjadi Kamis (16/2) sore kemarin, sekira pukul 16.00 WITA, dan terekam CCTV. Ada 2 orang pelaku, di mana satu orang sebagai eksekutor memecahkan kaca mobil yang sedang diparkir pemiliknya dan membawa tas berisi uang tunai, seorang lagi sedang menunggu di motor.

Masih dari rekaman CCTV, dua orang lain sedang berboncengan, mencoba mengalihkan perhatian juru parkir, bertanya sesuatu kepada juru parkir. Baru setelah tas dibawa kabur, 2 orang yang berbicara dengan tukang parkir itu pun ikut kabur.

Masih dalam rekaman CCTV, meski kawasan itu termasuk kawasan ramai pengguna jalan, tidak ada yang tahu pelaku memecah kaca mobil terparkir itu. Juru parkir pun baru tersadar, setelah ramai-ramai tahu uang Rp 700 juta yang tersimpan di dalam tas di dalam mobil itu digondol pencuri.

"Diduga ya, pemilik mobil ini sudah diawasi gerak geriknya sedari bank. Pelaku mengawasi situasi dan mengambil kesempatan saat mobil di parkir pemiliknya," ujar Sudarsono.

Dari penyelidikan sementara, 5 pelaku yang diringkus pada Kamis (16/2) malam itu, bukan warga Kalimantan. Polisi tengah menyelidiki, kemungkinan para pelaku terlibat aksi pencurian pecah kaca mobil antar provinsi.

"4 orang warga Palembang dan seorang lagi warga Yogyakarta. Kita masih cari tahu, apakah mereka ini residivisi atau bukan. Kami masih selidiki ya," ungkap Sudarsono.

Guna keperluan penyelidikab lanjutan, kelima pelaku dibawa ke Polresta Samarinda. Kepolisian memberi atensi serius mengungkap kasus pencurian disertai pemberatan ini. "Kelimanya sedang kami bawa ke sini (ke Samarinda) ya," pungkasnya. [gil]

Topik berita Terkait:
  1. Pencurian
  2. Samarinda
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.