Fadel Muhammad Puji Kunjungan Jokowi ke Papua

Senin, 28 Oktober 2019 21:05 Reporter : Darmadi Sasongko
Fadel Muhammad Puji Kunjungan Jokowi ke Papua Jokowi dan Iriana di Papua. ©2019 BPMI Setpres

Merdeka.com - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Fadel Muhammad memuji kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua. Menurutnya, ini langkah positif untuk menghadirkan situasi damai di provinsi paling timur Indonesia. Kunjungan selama empat hari ke Papua dan Papua Barat tersebut diyakini akan berdampak baik.

"Empat hari Presiden ke Papua. Luar biasa Jokowi. Karena ini masalah rawan," tegas Fadel Muhammad di Universitas Brawijaya Malang, Senin (28/10).

Fadel juga menegaskan, masalah Papua merupakan pekerjaan terberat yang masih harus dihadapi Joko Widodo dan kabinetnya. Langkah awal perjalanan ke Papua diharapkan diikuti langkah lanjutan berupa solusi-solusi yang akan dilakukan pemerintahan Jokowi.

"Masalah satu di antara tiga terberat adalah Papua di samping ekonomi dan masalah lain. Dampaknya pasti akan positif sekali," katanya.

Fadel juga menilai kabinet Jokowi-Ma'ruf yang baru dilantik sudah cukup bagus dan tinggal menunggu eksekusi program-programnya ke depan. Sehingga memang harus diberi kesempatan bekerja terlebih dahulu.

"Ini baru pelantikan kan menterinya," katanya.

Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua dan Papua Barat sejak Sabtu, 26 Oktober 2019. Kunjungan ini merupakan kunjungan kerja pertama Presiden Jokowi pascapelantikan sebagai Presiden pada 20 Oktober 2019 lalu.

Kunjungan ini juga menunjukkan keseriusan pemerintah untuk terus berkomitmen memajukan Papua baik di bidang fisik maupun sumber daya manusia (SDM). [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini