Eks Menag Lukman Hakim Ogah Beberkan Materi Pemeriksaan KPK

Jumat, 15 November 2019 21:32 Reporter : Merdeka
Eks Menag Lukman Hakim Ogah Beberkan Materi Pemeriksaan KPK Menag Lukman Hakim diperiksa KPK. ©2019 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengakui diperiksa dalam proses penyelidikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Hanya saja, Lukman enggan membeberkan kasus yang tengah diselidiki oleh tim lembaga antirasuah.

"Penyelidikan tentang apa tentu saya secara etis tidak pada tempatnya untuk menyampaikan di sini," ujar Lukman di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (15/11).

Lukman sendiri mulai diperiksa sekitar pukul 14.00 WIB hingga sekitar pukul 20.10 WIB. Diperiksa selama kurang lebih tujuh jam, Lukman meminta awak media menghormati keputusannya yang tak mau membeberkan materi pemeriksaan.

"Tentu saya harus memenuhi hak publik untuk mengetahui proses yang sedang berlangsung ini. Tetapi mohon juga dimengerti bahwa saya harus menahan diri untuk tidak menyampaikan materi hukumnya, karena itu sudah menjadi kewenangan KPK," kata dia.

1 dari 1 halaman

Minta Media Tanya ke KPK

Menurut politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini, pemeriksaan dirinya sudah masuk dalam ranah hukum. Lukman meminta awak media untuk mengonfirmasi kepada KPK mengenai penyelidikan yang sedang berjalan.

"Silakan saudara-saudara, rekan-rekan media menanyakan langsung ke KPK karena ini sudah proses hukum, sudah materi hukum yang tentu sekali lagi saya harus menghormati institusi penegak hukum seperti KPK ini untuk tidak membawa materi-materi hukum ke ranah publik," kata dia.

"Jadi, silakan tanyakan langsung kepada KPK. Jadi secara etis sa harus menghormati KPK untuk tidak menyampaikan ini. Oleh karenanya sa mohon rekan-rekan media juga bisa memahami ini," Lukman menambahkan.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
KPK Periksa Eks Menag Lukman Hakim Terkait Dana Haji dan Gratifikasi
Mantan Menag Lukman Hakim Diperiksa KPK Terkait Kasus Jual Beli Jabatan
Hasil Survei Haji 2019 Sangat Memuaskan, Menag Ingin Tingkatkan Kualitas Substansi
Mereka yang 'Tergusur' dari Kabinet Baru Jokowi
Menag Lukman Bersyukur Tingkat Kepuasan Haji 2019 Tertinggi Sejak 2010

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini