Efek Virus Corona, Gubernur Bali Akui Kedatangan Wisatawan Asal China Menurun

Selasa, 28 Januari 2020 22:03 Reporter : Moh. Kadafi
Efek Virus Corona, Gubernur Bali Akui Kedatangan Wisatawan Asal China Menurun Gubernur Bali Wayan Koster. ©2019 Istimewa

Merdeka.com - Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan, wilayahnya siap siaga mengantisipasi wabah virus corona yang kini menjadi keresahan sejumlah pihak di Bali.

"Kita sudah dalam posisi yang sangat siaga. Baik di bandara maupun di rumah sakit. Sejauh sampai hari ini belum ada yang sampai terkena virus itu," kata Koster usai membuka acara Rapat Tingkat Pimpinan (Rapim) BNN 2020, di Ballroom Hotel Aston Denpasar, Selasa (28/1).

Ia juga menyebutkan, beberapa hari lalu memang ada tiga turis yang dicurigai terkena virus corona. Namun, setelah dicek di laboratorium oleh tim medis semuanya negatif virus corona. "Ada tiga orang turis yang diperiksa di rumah sakit dan dicek di laboratorium itu semuanya negatif," jelasnya.

Ia juga mengharapkan para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Dewata tidak khawatir karena pihaknya telah menyiapkan sistem untuk mencegah virus corona tersebut.

"Kami berharap para wisatawan yang berkunjung ke Bali di luar dari Tiongkok, jangan khawatir karena kami telah menyiapkan sistem yang cukup memadai untuk mencegah masalah itu," ujarnya.

Koster juga tidak menampik dengan adanya virus corona ada penurunan jumlah wisatawan dari China. Tetapi ia yakin hal itu tidak akan berlangsung lama dan terkait jumlahnya penurunan wisatawan China, ia menyebut ada di angka 3.000 wisatawan.

"Tidak banyak, berkurang baru 3000-an (wisatawan). Tapi saya kira tidak akan berlangsung lama karena kami sudah menyiapkan sistem untuk itu dan Pemerintah Tiongkok bisa segera menuntaskan masalah ini di wilayah sana. Sehingga bisa normal kembali dan warganya yang mau berkunjung ke Bali itu bisa dibuka kembali," ujar Koster. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini