Dukung Operasional Bandara YIA, Kemenhub Luncurkan Transportasi Khusus

Kamis, 30 Januari 2020 23:21 Reporter : Purnomo Edi
Dukung Operasional Bandara YIA, Kemenhub Luncurkan Transportasi Khusus Kemenhub Luncurkan Tranportasi Khusus Bandara Yogyakarta International Airport. ©2020 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan transportasi khusus untuk menunjang operasional Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Transportasi khusus bekerjasama dengan Damri ini diluncurkan oleh Dirjen Perhubungan Darat pada Kamis (30/1).

Transportasi khusus ke Bandara YIA ini akan melayani dua rute utama. Pertama adalah rute Sleman City Hall - Kompleks Pemda Sleman - Terminal Jombor - YIA. Sedangkan rute kedua adalah YIA - Ambarketawang - Wirobrajan - Universitas Gadjah Mada - Jalan Affandi (Hartono Mall).

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiyadi menerangkan jika peluncuran transportasi khusus ini untuk menunjang operasional Bandara YIA yang akan beroperasi penuh pada Maret mendatang. Budi menerangkan menjadi kewajiban Kementerian Perhubungan menyediakan fasilitas berupa mobil shuttle atau mini bus.

Budi menjabarkan armada khusus ini bekerjasama dengan Damri. Nantinya akan ada 21 armada yang akan melayani dua rute menuju ke YIA ini. Budi menyebut satu armada mampu melayani 10 hingga 16 penumpang.

Budi menerangkan pemerintah lewat Kemenhub memberikan subsidi terhadap moda transportasi pendukung Bandara YIA ini. Adanya subsidi membuat tarif yang harus dibayarkan penumpang menjadi terjangkau.

"Kami mensubsidi besarannya satu tahun sekitar Rp9 miliar. Sehingga, kita harapkan Damri mungkin tarifnya sekitar Rp25 ribu dari Jogja ke bandara baru (YIA). Adanya armada ini, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkannya. Dibandingkan harus menggunakan kendaraan pribadi dan menambah padat lalu lintas lebih baik masyarakat memanfaatkan armada ini," ungkap Budi.

Budi menambahkan jika masing-masing armada akan berangkat setiap dua puluh menit sekali. Sehingga nantinya penumpang yang ingin ke YIA tak perlu menunggu waktu yang lama. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini