Dikonfrontir, Wahyu Setiawan Akui Pernah Komunikasi dengan Donny Istiqamah

Kamis, 13 Februari 2020 02:33 Reporter : Merdeka
Dikonfrontir, Wahyu Setiawan Akui Pernah Komunikasi dengan Donny Istiqamah Wahyu Setiawan. ©2020 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Mantan anggota KPU Wahyu Setiawan rampung menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Wahyu mengaku dikonfrontir dengan advokat PDIP Donny Tri Istiqamah.

"Iya saya dikonfrontir dengan saudara Donny," ujar Wahyu di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/2/2020).

Donny hari ini diperiksa sebagai saksi.

Menurut Wahyu, dirinya dengan Donny ditelisik soal komunikasi yang berkaitan dengan penetapan anggota DPR RI melalui mekanisme pergantian antar-waktu (PAW). Wahyu mengakui sempat berkomunikasi dengan Donny.

"Pernah (komunikasi dengan Donny). Ya, tema-tema komunikasi lah. Biasa, masih seperti yang kemarin-kemarin," kata Wahyu.

Sebelumnya, KPK menetapkan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan. Wahyu ditetapkan sebagai tersangka terkait dugaan penerimaan suap penetapan anggota DPR terpilih 2019-2024.

Tak hanya Wahyu Setiawan, KPK juga menetapkan 3 tersangka lainnya dalam kasus tersebut. Yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful pihak swasta.

Pemberian suap untuk Wahyu itu diduga untuk membantu Harun dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) caleg DPR terpilih dari Fraksi PDIP yang meninggal dunia yaitu Nazarudin Kiemas pada Maret 2019. Namun dalam pleno KPU pengganti Nazarudin adalah caleg lainnya atas nama Riezky Aprilia.

Wahyu diduga sudah menerima Rp600 juta dari permintaan Rp900 juta. Dari kasus yang bermula dari operasi tangkap tangan pada Rabu, 8 Januari 2020 ini, tim penindakan KPK menyita uang Rp400 juta. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini